Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 5 Halaman 85, 86, 87 - Blog Pendidikan

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 5 Halaman 85, 86, 87


File Pendidikan

Kunci Jawaban Buku Pelajar Tema 3 Kelas 5 Halaman 85, 86, 87 – Pembelajaran Tema 3 Kelas 5 Makanan Sehat Subtema 3 Pentingnya Menjaga Asupan Makanan Sehat Pembelajaran 1 Terdiri dari Mata Pembelajaran PPKn SBDP dan Bahasa Indonesia.


Buku Pelajar yang digunakan selaku sumber belajar di kelas 6 adalah sebuah Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2018.


Pada Pembelajaran 1 Subtema 3 Tema Makanan Sehat  terdapat beberapa latihan soal yang mesti dikerjakan pelajar secara mandiri. Bagi menolong menemukan jawaban yang tepat berikut ini kami share alternatif kunci jawaban soal yang terdapat di halaman 85, 86, 87.


Baca Pun :




Tema 3 Kelas 5 Makanan Sehat Subtema 3 Pentingnya Menjaga Asupan Makanan Sehat Pembelajaran 1


Pagi itu Siti, Lani, dan teman-temannya berbincang mengenai pembelajaran yang telah mereka lakukan sebelumnya. Apa yang mereka perbincangkan?


Bacalah teks percakapan mereka berikut ini!


Lani : “Admin jadi teringat dikala penyakit magku kambuh beberapa waktu yang lalu.”


Siti : “Iya, kami pun masih ingat. Betapa pentingnya menjaga medis pencernaan ya? Ketika pencernaan kita sakit, pastinya tak akan ada asupan makanan yang maksimal bagi tubuh kita.”


Dayu : “Kalau kami pernah merasakan sakit gigi. Wah, kami betul-betul tak dapat makan dikala itu. Perut terasa melilit karena lapar, tetapi gusiku membengkak karena sakit gigi.”


Siti : “Betul! Gigi adalah sebuah bagian dari organ penyusun aplikasi pencernaan kita yang berada di rongga mulut. Gigi, lidah, dan ludah bekerja sama mencabik, memotong, dan menggerus makanan hingga berukuran kecil-kecil. Makanan yang telah berukuran kecil tersebut dibolak- balik oleh lidah dan dengan bantuan ludah yang menyelubunginya, makanan dapat dengan gampang meluncur ke pada esofagus.”


Lani : “Kemudian esofagus dengan gerakan peristaltiknya merancang makanan terus bergerak dan di akhirnya masuk ke pada lambung yang dipenuhi dengan cairan asam lambung.”


Dayu : “Menarik sekali, ya, perjalanan makanan ini!”


Lani : “Jangan lupa, saluran pencernaan menolong tubuh memperoleh zat- zat makanan yang dibutuhkan bagi tumbuh. Tanpa bantuan zat pencernaan, kita tak akan berkembang dan tubuh kita tak akan mampu melindungi fungsi-fungsi organ tubuh yang lain. Makanan dibutuhkan agar organ-organ tubuh mampu bekerja dengan bagus.”


Siti : “Mengingatkanku di beberapa iklan di televisi yang mempromosikan obat yang dapat menolong mengurangi sakit mag, menolong mengatasi perut yang kembung akibat gas yang berlebih, serta mengurangi panas pada dan sariawan. “


Ayo Bermain Peran


Berikut ialah beberapa contoh iklan di televisi yang mempromosikan mengenai obat bagi mengatasi sakit di aplikasi pencernaan. Pada kelompok- kelompok kecil, cobalah bagi memeragakan iklan-iklan tersebut.


Obat Sakit Perut PSP (Pil Sakit Perut)


Laki-laki 1 : “Aduh!” (meringis sambil memegangi perutnya)


Perempuan 1 : “Makan yang tak benar, merancang perut jadi tak enak!”


Laki-laki 2 : “Tak bawa PSP, ya?” (tersenyum sambil memegang obat PSP)


Narator : “Bagi gangguan perut karena bakteri, makanan pedas, asam, dan gas, segera atasi dengan minum PSP pada satu sachet pil- pil kecil alami. Atasi penyebab sakit perut hingga ke pelosok.”


Laki-laki 1 : “Minta obatnya!”


Laki-laki 2 : “Minta? Beli!” (sambil tertawa)


Narator : “Perut tak enak, pilih yang benar! PSP.”


Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 5 Halaman 85


Jelaskan isi dari iklan :


Isi iklan tersebut ialah mempromosikan obat bagi mengatasi sakit di aplikasi pencernaan (sakit perut)

Pada kelompok kecil, diskusikan keunggulan yang terdapat pada produk iklan :


Keunggulan produk iklan tersebut yaitu dapat mengobati gangguan perut karena bakteri, makanan pedas, asam, dan gas.

Pilihlah satu orang bagi tetap berada di tempat kelompok, sementara yang lain pergi mengunjungi kelompok-kelompok yang lain bagi mendiskusikan keunggulan produk iklan.


Tuliskan hasil diskusi dari kelompok-kelompok yang dikunjungi. Setelah selesai, kembali ke kelompok masing-masing dan kemukakan hasil diskusi yang diperoleh.


Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 5 Halaman 86


Ayo Mencoba


Bersama teman sekelompok, cobalah peragakan iklan elektronik. Namun, sebelumnya rancanglah iklan elektronik tersebut dengan rapi. Gunakan pedoman berikut.


Sekiranya kamu mendapat kesempatan merancang iklan obat bagi mengatasi sakit di aplikasi pencernaan, obat apakah yang akan kamu iklankan?


Apa kelebihan dari obat yang kamu miliki bila diperbandingkan dengan yang lain?


Apa yang merancang sebuah iklan di media elektronik tersebut menarik bagi ditonton?


Manakah yang merancang iklan di atas menarik jikalau dilihat dari wujud percakapannya? Berikan alasanmu!


Kewajiban di halaman 86 ini tak mempunyai alternatif kunci jawaban karena tes tersebut berisifat praktikum (bukan tes tertulis).

Bacalah percakapan Edo dan Beni di bawah ini!


Edo : “Wah, ternyata menarik sekali ya kegiatan belajar kita hari ini”.


Beni : “Iya Do, sedari tadi kami memperhatikan betapa asyiknya kamu mengerjakan seluruh kewajiban. Kamu hingga lupa makan siang ya?”


Edo : “Oh iya Beni… kami hingga lupa. Bahaya nih, mag ku dapat kambuh lagi. Padahal setelah ini kita akan belajar aplikasi pencernaan. Admin perlu kekuatan agar dapat konsentrasi di pembelajaran berikutnya.”


Beni : “Betul sekali Do, tubuh memerlukan kekuatan yang di dapat dari makanan yang kita konsumsi dan dicerna oleh aplikasi pencernaan pastinya. Ayo Do, kamu makan siang dulu.”


Edo : “Baiklah. Terima kasih ya Ben telah mengingatkan.”


Benar sekali apa yang disebut Edo. Diantara ciri makhluk hidup ialah memerlukan makanan. Makanan yang telah dimakan akan diuraikan pada aplikasi pencernaan menjadi sumber kekuatan, komponen penyusun sel dan jaringan, dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.


Diantara aplikasi kompleks pada tubuh ialah aplikasi pencernaan. Nah, apa sajakah bagian-bagian dari aplikasi pencernaan di manusia? Masih ingat kah kamu pembelajaran mengenai organ-organ pada aplikasi pencernaan manusia?


Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 5 Halaman 87


Ayo Berkreasi


Buatlah kelompok yang terdiri atas empat pelajar. Setiap kelompok akan merancang diagram aplikasi pencernaan berikut nama dan guna tiap-tiap organ di dalamnya. Baca dan ikutilah langkah proses berikut.


1. Pilihlah ketua kelompok dan mintalah diagram kosong tubuh manusia kepada gurumu.


2. Buatlah daftar organ-organ yang termasuk di pada aplikasi pencernaan manusia.


3. Agar proses lebih cepat, ketua kelompok perlu mendelegasikan kewajiban kepada tiap-tiap anggota bagi menggambar  organ-organ tersebut. Berilah warna dan gunting dengan rapi.


4. Urutkan dan tempel organ-organ tersebut di diagram tubuh manusia yang kamu dapat dari gurumu.


5. Tuliskan guna dari tiap-tiap organ dengan rapi di kertas kerja atau dapat pun di kertas kecil terpisah dan ditempel di dekat organ yang bersangkutan.


6. Bekerja samalah dengan bagus, manfaatkan waktumu semaksimal mungkin karena gurumu akan memperhatikan cara bekerja pada kelompok.


7. Selamat belajar.


File Pendidikan

Usahakan merancang diagram aplikasi pencernaan dengan rapi dan semenarik mungkin. Kita akan menggunakannya kembali di pembelajaran berikutnya.


Kewajiban di halaman 87 ini tak mempunyai alternatif kunci jawaban karena tes tersebut adalah sebuah penilaian proyek (bukan tes tertulis).


Demikianlah Artikel yang Berjudul Kunci Jawaban Buku Pelajar Tema 3 Kelas 5 Halaman 85, 86, 87


Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga kunci jawaban tematik kelas 5 tema 3 Subtema 3 pembelajaran 1 ini dapat memberikan manfaat untuk para pembaca di manapun berada.


Artikel yang sedang kamu baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Pelajar Tema 3 Kelas 5 Halaman 85, 86, 87 dengan domisili link http://filependidikan.info/rmasi/jawaban-buku-tema-1-kelas-5.



Sumber https://guzublog.blogspot.com/

Shares


Top