Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 2 Subtema 1 Halaman 24, 28, 29, 30, 32 - Blog Pendidikan

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 5 Tema 2 Subtema 1 Halaman 24, 28, 29, 30, 32


File Pendidikan

Kunci Jawaban Buku Pelajar Kelas 5 Tema 2 Subtema 1 Halaman 24, 28, 29, 30, 32 – Pembelajaran Kelas 5 Tema 2 Udara Bersih Bagi Medis Subtema 1 Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih Pembelajaran 3 Terdiri dari Mata Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), PPKn dan Bahasa Indonesia.


Buku Pelajar yang digunakan selaku sumber belajar di kelas 5 ialah Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2017.


Di pembelajaran 3 subtema 1 tema Udara Bersih Bagi Medis terdapat beberapa latihan soal yang mesti dikerjakan pelajar secara mandiri. Untuk menolong menemukan jawaban yang tepat berikut ini kami berbagi alternatif kunci jawaban soal yang terdapat di Halaman 24, 28, 29, 30, 32.


Baca Pun :




Tema 2 Kelas 5 Subtema 1 Pembelajaran 3


Seluruh makhluk hidup memerlukan oksigen untuk bernapas. Oksigen terdapat melimpah seandainya lingkungan kita bersih dan banyak tumbuhan hijau. Menghasilkan lingkungan bersih dan banyak tumbuhan hijau menjadi tanggung jawab kita.


Ayo Membaca


Hari Menanam Pohon


Indonesia dinamakan selaku paru-paru dunia. Sebutan itu disematkan karena di Indonesia terdapat hutan yang benar-benar luas. Daun-daun di hutan mengeluarkan oksigen berlimpah. Oksigen ialah unsur urgen bagi kehidupan.


Namun, sayangnya, hutan kita semakin berkurang akibat kebakaran atau penebangan pohon di hutan secara liar. Oleh karena itu, pemerintah bersama rakyat berusaha mengurangi kerusakan hutan. Diantara upaya yang dilakukan yaitu menanam kembali pohon di lingkungan.


File Pendidikan

Tanggal 28 November diperingati selaku Hari Menanam Pohon. Peringatan hari Menanam Pohon di tahun 2015 diawali sejak tanggal 26 November. Presiden menjalankan penanaman pohon di Taman Hutan Rakyat Sultan Adam, Kalimantan Selatan. Ada 10.000 pohon ditanam di hutan itu. Pohon yang ditanam pun bermacam-macam, termasuk pohon-pohon yang buahnya dapat dimakan.


Kita dapat berperan serta untuk mengembalikan paru-paru dunia. Menanam pohon tak hanya dapat dilakukan di hutan. Kita dapat menanam pohon di lingkungan sekitar kita. Semakin banyak pohon di lingkungan kita, semakin banyak pasokan oksigen bagi kehidupan.


Kunci Jawaban Tematik Halaman 24


Ayo Renungkan


Dari bacaan “Hari Menanam Pohon” di atas, lengkapilah peta pikiran berikut.


File Pendidikan

Alternatif Jawaban :


File Pendidikan

Kamu telah membaca bacaan “Hari Menanam Pohon”. Menjaga lingkungan sekitar dengan cara menanam pohon ialah diantara tanggung jawab kita selaku warga masyarakat. Seluruh warga masyarakat mempunyai tanggung jawab di mewujudkan kenyamanan dan keamanan lingkungan tempat tinggalnya.


Tanggung Jawab selaku Warga Masyarakat


Tanggung jawab ialah sikap terpuji yang hendaknya dimiliki setiap persoon. Sikap tanggung jawab mencerminkan nilai letter setiap persoon.


Jadi letter seseorang tecermin di sikap tanggung jawabnya, bagus kepada diri sendiri, orang lain, masyarakat, maupun bangsa dan negara.


Apa makna tanggung jawab dan apa saja jenis tanggung jawab selaku warga masyarakat? Samakah tanggung jawab dengan hiel dan kewajiban selaku warga masyarakat? Orang yang bertanggung jawab dapat dinamakan selaku orang yang berkarakter.


1. Tanggung Jawab selaku Warga Masyarakat


Tanggung jawab melekat di diri setiap manusia di mana pun ia berada, termasuk di masyarakat.


Bagaimanakah makna tanggung jawab selaku warga masyarakat?


Untuk memahami makna tanggung jawab selaku warga masyarakat, secara urut perlu kamu pahami pengertian tanggung jawab itu sendiri, pengertian masyarakat, dan baru memahami makna tanggung jawab selaku warga masyarakat berikut ini.


a. Pengertian Tanggung Jawab


Tanggung jawab ialah diantara nilai letter bangsa yang diinginkan tertanam di setiap persoon, terutama peserta didik.


Tanggung jawab yakni sikap dan perilaku seseorang untuk melaksana- schenkkan kewajiban dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, bagus kepada diri sendiri, keluarga, masyarakat, lingkungan (alam, sosial, dan budaya), negara, maupun Tuhan Yang Maha Esa.


Menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia, tanggung jawab yakni keadaan wajib menanggung segala sesuatunya.


Setiap persoon mempunyai tanggung jawab, karena tanggung jawab bersifat kodrati yaitu menjadi bagian dari kehidupan manusia.


Jadi, setiap persoon mempunyai tanggung jawab. Tanggung Jawab setiap persoon meliputi bermacam jenis selaku berikut.


1) Tanggung Jawab kepada Diri Sendiri


Tanggung jawab kepada diri sendiri menuntut kesadaran setiap orang untuk memenuhi kewajibannya sendiri di mengoptimalkan kepribadian selaku manusia pribadi.


Dengan demikian, dapat memecahkan masalah-masalah kemanusian mengenai dirinya sendiri.


Contohnya: Evi mendapat kegiatan rumah dari Bu Pengajar untuk dikumpulkan esok hari. Akan tetapi, Evi justru menghabiskan waktu untuk menonton aktifitas televisi.


Evi tak mengerjakan kegiatan rumah. Esok harinya, Evi ditegur Bu Pengajar dan Evi mendapat sanksi.


Di peristiwa ini Evi mesti bertanggung jawab atas dirinya sendiri akibat tak mengerjakan kegiatan rumah dari Bu Pengajar.


2) Tanggung Jawab kepada Keluarga


Tanggung jawab kepada keluarga menjadi tanggung jawab seluruh anggota keluarga, bagus ayah, ibu, maupun anak.


Di sebuah keluarga, tanggung jawab anggota keluarga menyangkut upaya menjaga nama bagus keluarga, meningkatkan kesejahteraan keluarga, dan menjaga keselamatan.


Contohnya seorang ayah bekerja keras untuk menafkahi anggota keluarganya dan demi memenuhi kebutuhan pendidikan anaknya.


Ayah tersebut telah menjalankan tanggung jawabnya selaku kepala keluarga. Jikalau kamu selaku seorang anak bersikap disiplin dan sungguh-sungguh di belajar berarti kamu menjalankan tanggung jawab kepada keluarga.


File Pendidikan

3) Tanggung Jawab kepada Masyarakat


Tak ada seorang pun yang dapat hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Vishal ini sesuai dengan kedudukan manusia selaku makhluk sosial.


Atas basic kebutuhan ini, seseorang menjalankan komunikasi dengan orang lain sehingga terbentuklah masyarakat.


Di sebuah masyarakat, setiap anggota mempunyai tanggung jawab ikut serta menjaga kelangsungan hidup warga masyarakat.


Oleh karena itu, segala tingkah laku dan perbuatan setiap anggota masyarakat hendaknya dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat.


Contohnya  Pak  Budi warga masyarakat  Desa  Suka  Makmur. Di hari Minggu Pak Budi berencana pergi berlibur bersama keluarganya ke pantai. Akan tetapi, di hari Minggu yang sama warga masyarakat Desa Suka Makmur akan mengadakan kerja bakti membersihkan selokan.


Pak Budi selaku warga masyarakat memutuskan untuk menunda aktifitas berliburnya bersama keluarga, karena Pak Budi mesti ikut bekerja bakti.


Tindakan Pak Budi tersebut mencerminkan  sikap tanggung jawab selaku warga masyarakat.


4) Tanggung Jawab kepada Bangsa dan Negara


Setiap orang yang tinggal dan menetap di sebuah negara akan terikat oleh aturan-aturan hukum di sebuah negara.


Oleh karena itu, segala pikiran, perbuatan, tindakan, dan tingkah laku manusia mesti sesuai dengan norma-norma atau aturan-aturan yang berlaku di negara setempat.


Persoon selaku warga negara hendaknya dapat mempertanggungjawabkan segala tindakan dan tingkah laku- nya kepada bangsa dan negara.


Contohnya anggota tim nasional bulu tangkis Indonesia berusaha sekuat tenaga untuk mengharumkan nama bangsa Indonesia.


Mengharumkan nama bagus bangsa Indonesia di mata dunia menjadi tanggung jawab setiap warga negara Indonesia.


File Pendidikan

5) Tanggung Jawab kepada Tahun


Tuhan mewujudkan manusia selaku makhluk yang betul-betul sempurna, mempunyai akal dan pikiran.


Oleh karena itu, Tuhan menurunkan ajaran berupa pedoman dan larangan bagi makhluk-Nya, khususnya bagi manusia.


Manusia bertanggung jawab untuk beribadah menjalankan pedoman Tuhan dan menjauhi larangan-Nya.


Jadi, contoh tanggung jawab manusia kepada Tuhan Yang Maha Esa antara lain beribadah sesuai ajaran agama yang dianut.


b. Pengertian Masyarakat


Di atas telah kamu pahami mengenai format tanggung jawab persoon kepada masyarakat.


Apa yang disebut masyarakat?


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, masyarakat yakni sejumlah manusia di arti seluas- luasnya dan terikat oleh suatu kebudayaan yang mereka anggap sama.


Jadi, di sebuah masyarakat terdapat aturan-aturan yang mesti dipatuhi oleh setiap warga masyarakat.


Pelaksanaan kewajiban mematuhi aturan-aturan di masyarakat ini menjadi tanggung jawab setiap warga masyarakat.


c. Tanggung Jawab selaku Warga Masyarakat


Menurut pengertian tanggung jawab dan masyarakat dapat disimpulkan makna tanggung jawab selaku warga masyarakat.


Tanggung jawab selaku warga masyarakat yakni kewajiban dan kewajiban yang mesti dilaksanakan seseorang di kedudukannya selaku warga masyarakat.


Hidup bersama di masyarakat berarti hidup dengan orang lain di suatu tempat tertentu dan mempunyai kepentingan tertentu.


Hidup bersama di masyarakat benar-benar urgen karena Tuhan mewujudkan manusia untuk saling melengkapi, saling menolong, dan saling menyayangi.


Setiap orang tak dapat hidup tanpa orang lain. Sejak di kandungan hingga mati, setiap orang membutuhkan pertolongan orang lain.


Kamu akan bahagia seandainya kamu dapat menjalin hubungan bagus dengan orang lain di lingkungan masyarakat.


Untuk menjaga hubungan bagus di kehidupan masyarakat, setiap anggota masyarakat hendaknya sadar akan tanggung jawabnya selaku warga masyarakat.


Kunci Jawaban Tematik Halaman 28, 29


Ayo Bercerita


Kamu telah membaca bacaan “Tanggung Jawab selaku Warga Masyarakat”. Tuliskan pemahamanmu atas bacaan tersebut, lalu bacakan di depan teman- temanmu.


Diantara contoh pelaksanaan tangung jawab warga masyarakat yakni mengikuti pemilihan pimpinan di lingkungannya, misalnya pemilihan ketua RT, ketua RW, atau kepala desa.


Setiap warga masyarakat yang memenuhi syarat dapat ikut memilih atau dipilih menjadi ketua RT, ketua RW, atau kepala desa.


Apabila di lingkungan tempat tinggalmu terjadi peristiwa pemilihan ketua RT, ketua RW, atau kepala desa, lakukan kegiatan berikut.


1. Tanyakan kepada orang tuamu mengenai waktu dan tempat pelaksanaan pemilihan ketua RT, ketua RW, atau kepala desa di tempat tinggalmu.


2. Hadirilah aktifitas pemilihan ketua RT, ketua RW, atau kepala desa di tempat tinggalmu.


3. Perhatikan dengan saksama pelaksanaan pemilihan ketua RT, ketua RW, atau kepala desa di tempat tinggalmu.


4. Catatlah jalannya pelaksanaan aktifitas pemilihan ketua RT, ketua RW, atau kepala desa di tempat tinggalmu itu.


Alternatif jawaban disesuaikan dengan keterampilan pelajar di menuliskan informasi yang mereka dapatkan di kegiatan pengamatan.

Dari bacaan “Hari Menanam Pohon” ada kalimat “hutan kita semakin berkurang akibat kebakaran atau penebangan pohon di hutan secara liar”.


Ada kebakaran hutan yang dilakukan secara sengaja oleh orang-orang tak bertanggung jawab. Mereka membakar hutan untuk membuka lahan bagi usaha perkebunan mereka.


Penebangan pohon di hutan pun banyak dilakukan oleh orang- orang yang tak bertanggung jawab.


Mereka menebang pohon-pohon itu untuk dijual kembali. Padahal seharusnya pohon-pohon yang akan digunakan untuk industri mesti diambil dari Hutan Tanaman Industri (HTI).


Pemerintah memberikan hiel pengelolaan HTI kepada para pengusaha. Para pengusaha itu mesti mematuhi aturan yang ditetapkan.


Aturan itu misalnya umur pohon yang boleh ditebang dan penanaman kembali apabila pohon ditebang.


Batang pohon memang mempunyai banyak kegunaan. Banyak perajin yang memanfaatkannya selaku sumber penghasilan.


Mereka membangun beraneka barang kerajinan, lalu menjualnya dengan harga tinggi. Berikut barang kerajinan dari batang pohon.


File Pendidikan


Kunci Jawaban Tematik Halaman 30


Ayo Mengamati


Buatlah kelompok terdiri atas 4–5 anak. Lakukan wawancara kepada orang-orang di sekitarmu.


1. Carilah informasi-informasi berikut.



  • Jenis usaha yang dilakukan.

  • Hasil dari jenis usaha yang dilakukan.

  • Bahan baku yang diperlukan untuk menjalankan jenis usaha tersebut.

  • Pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan.

  • Kesulitan (kendala) yang mungkin dihadapi.


2. Dari informasi-informasi yang akan digali tersebut, buatlah daftar pertanyaan yang akan kalian tanyakan kepada orang yang akan kamu wawancarai.


3. Lakukan wawancara dengan bagus. Ajukan pertanyaan dengan sopan.


Berterima kasihlah kepada orang yang kalian wawancarai atas waktu dan jawaban yang diberikan.


4. Catatlah hasil wawancara kalian, lalu bacakan di hadapan kelompok-kelompok lain dan bapak/ibu pengajar.


Alternatif Jawaban di sesuaikan dengan pengetahuan pelajar mengenai jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi, keterampilan pelajar di menyajikan hasil wawancara di format report tertulis, kemandirian pelajar di mengerjakan kewajiban.


Ayo Berkarya


Dari hasil wawancara kalian, pilihlah diantara jenis usaha di lingkungan sekitarmu.


Kemudian, bersama kelompokmu, cobalah membangun satu hasil dari jenis usaha tersebut.


Pilih hasil jenis usaha yang gampang untuk kalian bikin.


Catatlah bahan yang dibutuhkan, strategi perancangan, dan kesulitan yang kalian hadapi dikala menjalankan perancangan karya kalian.


Buatlah bersama-sama di rumah diantara anggota kelompokmu dengan meminta izin kepada orang tuanya.


Selain jenis-jenis usaha seperti yang terdapat di lingkungan sekitarmu, masih ada jenis usaha lain.


Jenis usaha apakah itu? Bacalah bacaan berikut untuk mengetahui bermacam jenis usaha.


Jenis-Jenis Usaha Ekonomi Masyarakat


Kondisi geografis Indonesia beragam. Ada wilayah daratan dan ada pula wilayah perairan.


Kondisi geografis yang beragam menyebabkan beragam pula jenis kegiatan ekonomi masyarakat.


Keragaman ini disesuaikan dengan kondisi alam atau geografi suatu wilayah. Kegiatan ekonomi tersebut bertujuan memenuhi kebutuhan hidup masyarakat.


Agar tercipta kehidupan yang nyaman, setiap penduduk perlu menghargai jenis kegiatan ekonomi penduduk lainnya.


Amatilah jenis kegiatan ekonomi di lingkungan daerah sekitarmu! Ada yang bekerja di lahan persawahan. Ada yang beternak ayam petelur atau ayam pedaging.


Ada yang berdagang di pasar. Ada yang bekerja di sektor industri. Ada pula yang membudidayakan ikan di kolam.


Kegiatan ekonomi masyarakat ini bertujuan memperoleh pendapatan. Berikutnya, pendapatan tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup.


Apa yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi?


Kegiatan ekonomi yakni seluruh kegiatan yang dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.


Jikalau dicermati, kegiatan ekonomi dilakukan dengan memanfaatkan sumber daya alam. Selaku negara kepulauan, Indonesia dikarunia sumber daya alam melimpah.


Karunia ini telah sepantasnya kamu syukuri dengan memanfaatkan secara bijak. Pemanfaatan sumber daya alam tersebut dapat dilihat di bermacam bidang usaha.


1. Agraris


Indonesia dikenal selaku negara agraris. Sebutan ini disebabkan banyak penduduknya bermata pencaharian selaku petani.


Usaha agraris meliputi kegiatan pertanian dan perkebunan. Sektor usaha agraris terdapat di daerah perdesaan dan pegunungan.


Bermacam-macam jenis tanaman tumbuh subur dan menghasilkan banyak bahan pangan. Hasil pertanian dan perkebunan antara lain padi, jagung, ubi, kedelai, sagu, umbi-umbian, sayuran, dan buah-buahan.


File Pendidikan

Bagaimana cara meningkatkan hasil produksi sektor agraris? Ada banyak cara yang dapat dilakukan di antaranya via intensifikasi, ekstensifikasi, diversifikasi, rehabilitasi, dan mekanisasi.


Kunci Jawaban Tematik Halaman 32


Ayo Berdiskusi


Diskusikan beberapa istilah berikut bersama temanmu!


File Pendidikan

Alternatif Jawaban :



































No.Usaha Peningkatan
Hasil Agraris
Caranya
1.IntensifikasiIntensifikasi yakni pengolahan lahan pertanian dengan sebaik-baiknya dengan menggunakan beberapa macam alat (panca usaha tani).



  1. Pemakaian pengairan (irigasi)

  2. Pemakaian pupuk, bagus pupuk kandang, pupuk hijau, maupun pupuk buatan 

  3. Pemakaian bibit unggul

  4. Pemakaian obat pemberantas hama (pestisida).

  5. Bimbingan dan penyuluhan via bimbingan massal (bimas) dan intensifikasi massal (inmas).


2.EkstensifikasiEkstensifikasi pertanian yakni usaha memperluas lahan pertanian dengan cara membuka lahan pertanian baru. 
3.DiversifikasiDiversifikasi pertanian yakni usaha memperbanyak kegiatan pertanian dan jenis tanaman di suatu lahan pertanian.  Misalnya seorang petani di samping bertani pun beternak ayam, atau bertani sambil memelihara ikan di kolam.
4.RehabilitasiRehabilitasi pertanian yakni usaha menyuburkan kembali tanah dan memperbarui cara-cara bertani serta mengganti tanaman tua dengan tanaman muda (peremajaan tanaman) atau mengganti jenis tanaman lama dengan jenis tanaman baru yang lebih produktif.
5.MekanisasiMekanisasi pertanian yakni pengolahan tanah dengan menggunakan mesin-mesin karena lahan pertanian luas sehingga tenaga manusia dan hewan kurang memadai.

Perkebunan yakni kegiatan penanaman lahan dengan tanaman keras dengan umur lebih dari enam bulan. Tanaman perkebunan melingkupi tanaman musiman dan tanaman tahunan.


Tanaman musiman berumur pendek, misalnya tanaman tebu, tembakau, dan rosella.


Tanaman tahunan berumur panjang, misalnya tanaman kelapa sawit, kopi, cengkih, teh, karet, cendana, lada, dan kayu putih.


Hasil perkebunan di Indonesia menjadi komoditas unggulan ekspor.


2. Peternakan


Peternakan yakni kegiatan usaha budi daya hewan yang diambil hasilnya.


Hasil peternakan terdiri atas daging, telur, susu, kulit, dan bulu. Jenis peternakan dapat dibedakan selaku berikut.


a. Peternakan hewan kecil, misalnya kelinci, kambing, domba, dan biri-biri.


b. Peternakan hewan besar, misalnya sapi, kerbau, dan kuda.


c. Peternakan unggas, misalnya ayam, itik, burung, dan puyuh.


File Pendidikan

Kegiatan peternakan dapat dilakukan di skala kecil ataupun besar. Usaha peternakan skala kecil dilakukan oleh penduduk.


Peternakan skala besar biasanya dikembangkan oleh pihak swasta (pengusaha) dan pemerintah. Apa peran pemerintah di meningkatkan mutu peternakan di Indonesia?


Upaya yang dilakukan pemerintah antara lain memberikan bantuan bibit unggul, menyediakan pakan ternak berkwalitas, dan memberikan penyuluhan kepada peternak.


3. Perikanan


Perhatikan usaha perikanan di daerah sekitarmu!


Di sekitarmu mungkin terdapat budi daya ikan di kolam. Inilah diantara contoh usaha perikanan.


Secara umum, usaha perikanan dibedakan menjadi perikanan darat dan perikanan laut.


File Pendidikan

a. Perikanan darat, yaitu usaha memiara dan menangkap ikan di perairan darat. Perikanan darat terdiri atas perikanan air tawar dan perikanan air payau. Perikanan air tawar dilakukan di sungai, danau, rawa, waduk atau bendungan, empang, sawah, dan kolam. Jenis ikan yang dibudidayakan yakni lele, nila, mujair, guramih, dan mas. Perikanan air payau dilakukan di tambak di pinggir pantai. Jenis ikan yang dibudidayakan yakni bandeng.


b. Perikanan air laut, yaitu usaha menangkap ikan di pantai atau laut. Di Indonesia, usaha penangkapan ikan di laut dilakukan nelayan tradisional. Ketika musim ikan, nelayan akan memperoleh banyak hasil tangkapan. Laut pun menghasilkan udang, kerang, rumput laut, mutiara, dan garam. Selain untuk keperluan penduduk, hasil tangkapan diperuntukkan untuk ekspor.


4. Pertambangan


Dilihat dari kondisi geologisnya, wilayah Indonesia mengandung banyak barang tambang.


Potensi barang tambang yang melimpah hendaknya dimanfaatkan bagi kemakmuran masyarakat.


Barang tambang dapat dibedakan selaku berikut.


a. Barang tambang mineral logam, misalnya emas, perak, tembaga, timah, bauksit, dan nikel.


b. Barang tambang mineral nonlogam, misalnya belerang, gypsum, marmer, dan batu gamping.


c. Barang tambang sumber daya, misalnya minyak bumi, batu bara, dan gas alam.


File Pendidikan

Barang tambang di Indonesia termasuk sumber daya vital.


Pemanfaatannya diperuntukkan bagi kemakmuran masyarakat Indonesia. Jikalau dieksploitasi terus-menerus, ketersediaan barang tambang akan cepat habis.


Oleh karena itu, pemanfaatan barang tambang dilakukan dengan bijak dan memperhatikan kelestariannya.


Contoh perusahaan yang mengeksploitasi barang tambang di Indonesia antara lain PT. Pertamina, PT. Aneka Tambang, PT. Freeport Indonesia, dan PT. Chevron Pacific Indonesia.


5. Kehutanan


Dahulu hutan Indonesia bagaikan hamparan vloerkleed hijau dilihat dari udara. Hutan Indonesia berperan urgen selaku paru-paru dunia. Hutan pun berfungsi selaku tempat berkembangnya bermacam fauna.


Dari segi lingkungan, hutan menjadi daerah resapan air hujan. Sayangnya, dikala ini luas hutan Indonesia semakin sempit.


Tak lagi terlihat “hamparan vloerkleed hijau” dari udara ketika melintasi wilayah Indonesia. Ini tak lepas dari alih manfaat lahan hutan untuk teritori permukiman dan perkebunan.


Apa akibat dari menyempitnya teritori hutan Indonesia?


Kondisi ini dapat menyebabkan bencana banjir bandang ataupun tanah longsor. Untuk meminimalisasi terjadinya bencana, teritori hutan perlu dihijaukan kembali.


Pembalakan liar mesti dicegah agar hutan tak semakin rusak. Jikalau hutan Indonesia kembali hijau, hasil hutan kembali melimpah.


Hasil hutan Indonesia antara lain kayu jati, meranti, ulin damar, dan rotan.


6. Perdagangan


Perdagangan yakni kegiatan membeli barang dagang dan menjualnya kembali kepada konsumen.


Kegiatan perdagangan muncul ketika kemampuan manusia atau suatu negara menyediakan barang kebutuhan bersifat terbatas.


Akhirnya, terjadi saling ketergantungan di memenuhi barang kebutuhan.


Via kegiatan perdagangan, pedagang akan memperoleh keuntungan dari selisih harga jual dan harga beli.


Kegiatan perdagangan tak hanya melingkupi satu daerah atau satu negara. Akan tetapi, kegiatan perdagangan dapat dilakukan antarnegara.


Secara ekonomi, kegiatan perdagangan antarnegara ditandai dengan ekspor impor.


Ekspor yakni usaha menjual barang dari di negeri ke pasar luar negeri.


Impor yakni usaha memasukkan barang dari negara lain ke pasar di negeri.


7. Perindustrian


Perindustrian yakni kegiatan mengubah bahan mentah menjadi barang setengah jadi atau barang jadi.


Bahan mentah diperoleh dari melimpahnya sumber daya alam. Usaha industri dapat dilakukan secara perorangan atau kelompok.


Usaha industri dapat dikelompokkan industri rumah tangga (huis industry), industri sedang, dan industri besar.


Contoh industri di Indonesia yakni industri makanan dan minuman, kosmetik, obat-obatan, garmen, serta elektronik.


File Pendidikan


Demikianlah Wetsartikel yang Berjudul Kunci Jawaban Buku Pelajar Kelas 5 Tema 2 Subtema 1 Halaman 24, 28, 29, 30, 32


Terima kasih telah membaca wetsartikel ini, semoga kunci jawaban tematik kelas 5 tema 2 subtema 1 pembelajaran 3 ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca di manapun berada.


Wetsartikel yang sedang kamu baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Pelajar Kelas 5 Tema 2 Subtema 1 Halaman  24, 28, 29, 30, 32 dengan domisili listig http://filependidikan.informasi/rmasi/jawaban-buku-tema-1-kelas-5.



Sumber https://guzublog.blogspot.com/

Shares


Top