Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 5 Halaman 80, 81 - Blog Pendidikan

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 5 Halaman 80, 81


File Pendidikan

Kunci Jawaban Buku Pelajar Tema 3 Kelas 5 Halaman 80, 81 – Pembelajaran Tema 3 Kelas 5 Makanan Sehat Subtema 2 Pentingnya Makanan Sehat Untuk Tubuh Pembelajaran 6 Terdiri dari Mata Pembelajaran PPKn SBDP dan Bahasa Indonesia.


Buku Pelajar yang digunakan selaku sumber belajar di kelas 6 adalah sebuah Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2018.


Pada Pembelajaran 6 Subtema 2 Tema Makanan Sehat  terdapat beberapa latihan soal yang mesti dikerjakan pelajar secara mandiri. Bagi menolong menemukan jawaban yang tepat berikut ini kami berbagi alternatif kunci jawaban soal yang terdapat di halaman 80, 81.


Baca Pun :




Tema 3 Kelas 5 Makanan Sehat Subtema 2 Pentingnya Makanan Sehat Untuk Tubuh Pembelajaran 6


Ayo Membaca


Tak ada yang melebihi kekuatan rakyat ketika bersatu. Persatuan dapat terwujud pada suasana rukun dan damai.


Bacalah teks bacaan di bawah ini! Garis bawahi informasi urgen yang kamu peroleh pada bacaan!


Bogor Siap Gelar Cap Go Meh


Pesta Rakyat Bogor Cap Go Meh 2015 bukan sekadar bagi mengakhiri perayaan Imlek, melainkan bukti bahwa masyarakat bersatu pada keberagaman. Perayaan ini bukan hanya sekadar atraksi seni budaya, melainkan simbol rakyat menghargai keberagaman.


File Pendidikan

Festival tahun ini akan lebih meriah diperbandingkan dengan festival sebelumnya. Festival akan dimeriahkan sekitar 10.000 pengisi kegiatan dan kemungkinan disaksikan oleh 100.000 pengunjung. Festival yang akan diliput media elektronik dan media cetak ini akan dinikmati sekitar 30 juta penonton dan pembaca.


Ada penampilan 12 mobil shio, 25 liong, dan 50 barongsai. Selain itu, ada pula bebegig sawah, wayang hihid, tarian jalanan, sepeda, boboko logor, marching band, pasukan pengibar bendera, ogoh-ogoh, parade kostum, karnaval, dan lengseran.


Rute festival lebih panjang, yakni tak sekadar dari wihara di Jalan Suryakencana hingga simpang ujung Jalan Siliwangi, tetapi melingkar ke Jalan Sukasari, Jalan Pajajaran, Tugu Kujang, dan Jalan Otto Iskandar Dinata.


Banyaknya jenis atraksi dari kebudayaan berbeda mencerminkan keberagaman masih dijunjung tinggi.


Kepanitiaan tak eksklusif berasal dari satu komunitas, tetapi justru berasal dari yang berbeda suku, agama, ras, dan antargolongan.


Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 5 Halaman 80


Jawablah pertanyaan di bawah ini menurut informasi dari bacaan!


1. Apakah yang dimaksud dengan perayaan Cap Go Meh?


Perayaan Cap Go Meh ialah kegiatan mengakhiri perayaan Imlek.

2. Atraksi apa sajakah yang dapat ditemui di perayaan Cap Go Meh di Bogor?


Atraksi yang dapat ditemui di perayaan Cap Go Meh di Bogor yaitu penampilan 12 mobil shio, 25 liong, dan 50 barongsai. Selain itu, ada pula bebegig sawah, wayang hihid, tarian jalanan, sepeda, boboko logor, marching band, pasukan pengibar bendera, ogoh-ogoh, parade kostum, karnaval, dan lengseran.

3. Apakah yang dapat kamu simpulkan dari bacaan di atas mengenai keberagaman?


Banyaknya jenis atraksi dari kebudayaan berbeda mencerminkan keberagaman masih dijunjung tinggi.

4. Apakah manfaat keberagaman di pada suatu masyarakat? Berikan pendapatmu!


Dengan keberagaman, manusia dapat saling bekerja sama dan bahu membahu bagi memenuhi keperluan hidupnya, bagus secara ekonomi, sosial, maupun budaya.


Ayo Berlatih


Bentuklah satu kelompok yang terdiri atas empat pelajar. Buatlah sebuah buku kecil atau buklet berisi kegiatan yang memperlihatkan keberagaman sosial budaya yang terdapat pada masyarakat.


Buklet Keberagaman


Kalian dapat mencari informasi dari buku, majalah, koran, atau internet. Kalian pun dapat menjalankan wawancara dengan pendidik atau pemuka masyarakat di lingkungan sekitar sekolah. Carilah informasi mengenai semua aktivitas yang melibatkan partisipasi seluruh anggota masyarakat dari semua kalangan.


Gunakan dua helai kertas A4 yang dilipat menjadi dua bagi membangun buklet. Kamu dapat memperkaya bookletmu dengan gambar-gambar aktivitas yang dimaksud.


Di kegiatan sebelumnya, kita mencoba bagi menjalankan gerak tari sederhana, yakni tarian Kancet Papatai dari Kalimantan Timur. Apa yang tengah kita lakukan adalah sebuah sebuah wujud yang mendukung keberagaman budaya. Dengan menarikan tarian daerah sendiri dan pun daerah lain, kita telah mendukung pelestarian budaya Indonesia. Budaya Indonesia ialah milik kita bersama.


Cobalah bagi kembali melatih gerakan tarianmu. Lakukan pada kelompok- kelompok kecil. Tunjukkan tarian kelompokmu di depan kelas. Berikan masukan saran atau pendapat ketika melihat penampilan kelompok lain.


Apakah kamu berasal dari suku bangsa atau adat istiadat yang sama dengan tarian yang kamu bawakan?


Apa yang kamu rasakan ketika berhasil menguasai tarian daerah milik daerah yang tak sama dengan daerahmu?


Maukah kamu mempertunjukkan tarian daerah lain di hadapan kedua orang tuamu? Jelaskan!


Beni dan Siti bercakap-cakap mengenai Festival Cap Go Meh yang dibahas di kegiatan sebelumnya.


Bersama teman sebangkumu, bacalah teks percakapan Beni dan Siti secara bergantian!


Beni : “Admin tak menyangka bahwa Festival Cap Go Meh di Bogor menarik seperti itu banyak perhatian masyarakat.”


Siti : “Iya, dari yang admin baca terdapat sekitar 10 ribu pengisi kegiatan dan akan diliput oleh banyak media cetak dan elektronik yang katanya dinikmati oleh sekitar 30 juta penonton dan pembaca!”


Beni : “Banyak sekali. Bayangkan saja betapa banyaknya penonton televisi, ya.”


Siti : “Seperti itulah kenapa banyak sekali iklan yang ditayangkan di sebuah televisi karena jumlah penonton yang amat banyak.”


Beni : “Admin masih teringat dengan kewajiban mencari kata kunci pada iklan.


Pada waktu semalam saja, terdapat lebih dari sepuluh jenis iklan.”


Siti : “Di kewajiban yang lalu, admin memilih kata kunci yang isinya mengajak dan menarik para penonton.”


Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 5 Halaman 81


Pada kelompok yang berisikan empat pelajar, diskusikanlah kesimpulan mengenai ciri-ciri kata kunci yang biasanya terdapat pada iklan.


Ciri-ciri kata kunci yang biasanya terdapat pada iklan : Terdiri dari satu kata atau dua kata yang menyusun frase kata, Mengandung kata yang unik yang terdapat pada sebuah iklan, Mewakili beberapa besar informasi dari sebuah iklan.

Masih pada kelompok, buatlah sebuah peta pikiran mengenai perbedaan dan persamaan kata kunci iklan media cetak dan iklan media elektronik. Gunakan kertas gambar A 4 dan pastikan peta pikiranmu menarik.



Tuliskan pula contoh-contoh kata kunci iklan elektronik yang kamu ketahui, misalnya hemat, wangi, tahan lama, dan sebagainya.


Demikianlah Artikel yang Berjudul Kunci Jawaban Buku Pelajar Tema 3 Kelas 5 Halaman 80, 81


Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga kunci jawaban tematik kelas 5 tema 3 Subtema 2 pembelajaran 6 ini dapat memberikan manfaat untuk para pembaca di manapun berada.


Artikel yang sedang kamu baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Pelajar Tema 3 Kelas 5 Halaman 80, 81 dengan domisili link http://filependidikan.info/rmasi/download-buku-kurikulum-2013-revisi-2018-2019-lengkap.



Sumber https://guzublog.blogspot.com/

Shares


Top