Download Soal dan Kunci Jawab Siap UAS Bahasa Indonesia Kelas 12 Semester 1 Terbaru I pdf - Blog Pendidikan

Download Soal dan Kunci Jawab Siap UAS Bahasa Indonesia Kelas 12 Semester 1 Terbaru I pdf

File Pendidikan

Contoh Soal UAS Semester Ganjil Mapel Bahasa Indonesia Kelas XII Kurikulum 2006 KTSP


Seperti yang kita tahu, ujian ialah yaitu cara terbatas untuk mengukur kemampuan seseorang. Di ontvangstruimte di sekolah atau pelaksanaan ujian ahir semester/ penilaian ahir semester satu/ ganjil, ujian berfungsi selaku diantara alat untuk mengukur telah sejauh mana para peserta didik berhasil menyerap pembelajaran pada rentang waktu satu semester.


Ujian pun dapat dijadikan selaku alat evaluasi untuk menilai berapa jauh pengetahuan telah dikuasai dan ketrampilan yang telah diperoleh pada rentang waktu satu semester yang telah dijalani.


Untuk pelaksanaan UAS/ PAS bagus semester 1 maupun semester 2, umumnya masih menggunakan media kertas di pelaksanaannya, bagus monster soal maupun media jawabnya. Untuk Ujian Nasional dan Ujian Sekolah, telah mulai dilaksanakan ujian yang dengan menggunakan UNBK atau komputer. Pelan-pelan UNKP/ dengan menggunakan kertas dan pensil akan tergeser dengan program UNBK tersebut.


Untuk kesempatan kalium ini ini, kami berbagi materi ujian akhir semester (UAS/ PAS 1) semester ganjil untuk mapel Bahasa Indonesia jenjang kelas 12/ XII SMA sederajad terbaru dengan format file pdf yang dapat Rekan-rekan unduh dengan gampang.


Soal dan Kunci Jawab Siap Ujian Ahir Semester (UAS) Bahasa Indonesia Kelas 12/ XII Semester 1 Kurikulum 2006 yang disusun ini mengacu di sumber yang kredibel dengan referensi Kurikulum 2006. Namun demikian, tak ada jaminan bahwa seratus uitpersen tepat. Mesti disadari bahwa ini ialah kesibukan manusia yang tak luput dari kealpaan. Segala koreksi dapat dikirimkan ke redaksi@filependidikan.informasi.


Berikut ialah tautan Unduh Soal Siap Ujian Ahir Semester (UAS) Bahasa Indonesia Tahapan SMA/ SMK Kelas 12/ XII Semester 1 Kurikulum 2006, selamat mengunduh:





Berikut kami petikkan beberapa contoh soal dan kunci jawab mapel Bahasa Indonesia kelas 12/ XII SMA tersebut:




UAS 1/ Ujian Ahir Semester 1
Tahun 20../ 20..
Mata Pembelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XII (12) SMA
Hari / Tanggal : /
Nama :
Nomor :


http://filependidikan.informasi/rmasi


I. Berilah tanda silang (x) di huruf a b atau c didepan jawaban yang amat benar !


1. Mereka selalu saja bermusuhan tak pernah rukun. Kini mereka mesti
menanggung segala akibat dari perbuatannya.
Gurindam yang sesuai dengan ilustrasi di atas ialah….
a. Kurang pikir kurang siasat, tentu kelak dirimu tersesat.
b. Siapa menggemari silang-sengketa, kelaknya pasti berdukacita.
c. Membangun perkara amatlah gampang, bila terjadi timbullah gundah.
d. Fikir dahulu sebelum berkata, supaya terelak silang-sengketa.
e. Kalau diri kena perkara, turut susah sanak saudara.
2. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Menurut hasil penelitian mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB), daging ayam yang dijual pasaran di Jakarta, sebanyak 43% mengandung formalin, yaitu senyawa kimia yang mengandung zat karsiogenik. Zat ini ternyata dapat memicu penyakit kanker di di tubuh. Karena itu, para konsumen yang setiap hari belanja daging ayam, bagus di pasar tradisional maupun modern agar waspada.
Kalimat tanya yang sesuai dengan isi paragraf di atas ialah…
a. Kapan para mahasiswa IPB mengadakan penelitian daging ayam yang mengandung zat karsiogenik?
b. Berapa orang mahasiswa yang mengerjakan penelitian kepada daging ayam?
c. Apa tindak lanjut hasil penelitian mahasiswa IPB kepada daging ayam?
d. Apa hasil penelitian mahasiswa IPB kepada daging ayam yang dijual di pasar tersebut?
e. Kenapa para mahasiswa IPB mengerjakan penelitian kepada daging ayam yang di jual pasar itu?
4. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Truk yang bermuatan lumayan sarat itu gagal mendaki tanjakan licin di penyeberangan sungai. Hujan lebat sebelumnya menyebabkan kondisi jalan betul-betul berat untuk dilewati, sehingga truk terperosok mundur ke tengah sungai. Agar mempermudah pendakian tanjakan, karenanya Ayub, pengemudi truk, meminta para penumpangnya turun. Dia bahkan mengingatkan kemungkinan terjadinya banjir bandang dari sebelah hulu. Akan tetapi, para penumpang menolak permintaan itu.
Ide utama paragraf di atas ialah…
a. Truk gagal mendaki tanjakan licin.
b. Truk terperosok mundur ke tengah sungai.
c. Pengemudi truk meminta agar penumpang turun.
d. Supir mengingatkan kemungkinan terjadinya banjir bandang.
e. Penumpang menolak permintaan supir.
5. (1) Dengarkan angin mengusir batang-batang padi.
7. Membangun surat lamaran yang bagus dan benar mesti ditinjau dari segi ….
a. kalimat – kata
b. EYD – ontvangstruimte
c. kaitan antarkalimat – ontvangstruimte
d. ontvangstruimte – struktur
e. diksi – EYD
8. Perhatikan struktur lamaran kerja berikut ini!
3.Malang, 5 November 2011
1. Lampiran : ………
2. Perihal : ………
4. Yth. Bapak Direktur PT Dapensi
Jln. Sidomaju 40 Jakarta
5. Dengan hormat,
6. Dengan ini ……..


7. Hormat saya


Struktur surat lamaran kerja di atas yang salah ialah …
a. 1 dan 2
b. 1 dan 4
c. 2 dan 4
d. 3 dan 4
e. 4 dan 7
10. Berikut yang bukan persyaratan menulis di media cetak ialah ….
a. bersifat aktual dan faktual
b. mengandung gagasan sentral yang jelas
c. tak menyerang pribadi seseorang
d. mengandung bahan yang bersifat promosi komersial
e. mengandung unsur ilmiah popular
11. Bacalah wacana berikut dengan seksama!
Bendungan di Desa Jatirogo ini tak ada duanya di Indonesia. Tubuh bendungan tersebut dari bantalan karet berisi air. Karena terbuat dari karet, tinggi permukaannya dapat diatur secara fleksibel. Bila terjadi banjir, bantalan karet itu dikempiskan. Dan air bah sukses mengalir ke laut. Sebaliknya, bila volume air sungai mengecil, tubuh bendungan diisi penuh, sehingga tingginya mencapai 3 m. Sungai terbendung dan airnya dimanfaatkan selaku air minum dan irigasi. Di dikala yang sama, air pasang dari laut akan terhambat dan tak mencemari sungai yang menjadi sumber utama air tawar masyarakat di sekitar sungai.


Simpulan isi wacana di atas ialah…
a.Bendungan dari bantalan karet dapat membendung sungai.
b.Bendungan dari bantalan karet betul-betul bermanfaat.
c.Bendungan dari bantalan karet dapat mengalirkan air.
d.Pemanfaatan air via bendungan bantalan karet.
e.Bendungan bantalan karet dapat diisi dengan air.
13. Bacalah surat undangan berikut ini!
Yth. Saudara Gunawan Wicaksono
Jalan Sayonara 15
Kota Baru, Surakarta

hari : Senin
tanggal : 20 Agustus 2017
waktu : pukul 07.30 hingga selesai
tempat : ruang sidang SMA Pratama


Kami mengucapkan terima kasih atas perhatian saudara.


Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian pembuka surat di atas ialah …
a. Bersama surat ini kami mengundang Saudara untuk menghadiri rapat di
b. Dengan surat ini kami mengundang Saudara untuk menghadiri rapat di
c. Kami mengundang Saudara untuk menghadiri rapat di
d. Kami mengundang Saudara hadir untuk rapat
e. Saya mengundang Saudara untuk menghadiri rapat di
16. .Respon penolakan di bawah ini yang tepat ialah ….
a. Saya tak sependapat dengan Rekan-rekan yang tak masuk akal.
b. Maaf, ontvangstruimte itu tak dapat diterima.
c. Saya tak setuju karena ontvangstruimte itu tak benar.
d. Wah, pendapat itu mesti ditolak!
e. Saya kurang sependapat dengan Bapak karena saya belum yakin mengenai ontvangstruimte itu.
17. Di bawah ini termasuk pola menarik kesimpulan kecuali ….
a. analogi
b. kronologi
c. sebab-akibat
d. haplologi
e. akibat-sebab
18. Di bawah ini ialah pihak-pihak yang terlibat di diskusi atau seminar, kecuali ….
a. moderator
b. pembicara
c. notulis
d. peserta
e. ketua
19. Berikut ini yang tak termasuk unsur-unsur di surat lamaran kesibukan ialah ….
a. tanggal surat
b. ucapan terima kasih
c. tempat tinggal surat
d. isi surat
e. ontvangstruimte
20. Unsur-unsur intrinsik cerpen ialah ….
a. psikologi – penokohan – pesen
b. alur – konflik – tema
c. latar – alur – amanat
d. tokoh – penokohan – filsafat
e. amanat – budaya – tema
22. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Berbicara mengenai pendidikan hakekatnya sama halnya dengan berbicara mengenai kehidupan. Pendidikan yaitu proses yang dilakukan setiap persoon menuju arah yang lebih bagus sesuai dengan potensi kemanusiaan. Proses ini hanya berhenti ketika nyawa telah tak ada di di raga manusia. Pendidikan di hakikatnya ialah proses memanusiakan manusia. Profesor Driyarkarya merumuskan pendidikan selaku proses memanusiakan manusia muda, yakni suatu pengangkatan manusia muda ke taraf insani sehingga ia dapat menjalankan hidup selaku manusia utuh dan membudayakan diri.
Ikhtisar kutipan paragraf tersebut ialah….
a. Pendidikan betul-betul diperlukan setiap persoon di kehidupan bermasyarakat, terutama di menjadikan masyarakat berbudaya.
b. Pendidikan ialah proses berkesinambungan di memanusiakan manusia menjadi manusia utuh dan berbudaya sesuai potensi yang dimiliki.
c. Pada rentang waktu masih hidup, setiap persoon memerlukan pendidikan dengan tujuan untuk memanusiakan dirinya agar menjadi manusia yang utuh dan menjadikan dirinya berbudaya.
d. Pendidikan dan kehidupan ini tak dapat dipisahkan karena pendidikan diperlukan oleh setiap persoon untuk mencapai taraf insani, yakni selaku manusia yang utuh dan membudayakan diri.
e. Lewat pendidikan, manusia dapat mencapai taraf hidup yang lebih bagus, yakni selaku manusia yang utuh dan membudayakan diri.
23. Bacalah penggalan cerpen berikut dengan saksama!
….Ibu makin jarang di rumah. Tinggal admin dan ayah yang mengurus sawah. Terkadang ibu baru pulang setelah beberapa hari. Tetapi, kejarangan ini tak pernah menimbulkan rindu kami lagi. Walau adikku yang terkecil. Kami telah biasanya. Kami pun jarang bertanya di mana ibu dan kapan pulang. Hari-hari ibu tak pergi, pagi ia telah ada di pinggir jalan. Dari rumah dibawanya segulungan goni-goni dan siangnya goni itu telah penuh berisi beras yang dicegatnya berdikit-dikit dari orang-orang kampung lewat. Besoknya, bila hari pasar, beras ini dibawanya ke pasar dengan pedati sewaan. Dari pasar ibu membawa buntalan berisi berjenis-jenis pakaian atau barang lain. Dan apabila hari pasar dibawanyalah ke pekan terdekat. Dan bila tak habis laku, dibawanyalah ke luar kampung. Orang-orang kampung memang lebih suka pakaian-pakaian yang telah jadi, yang tebal-tebal. Dan ibu memang tahu kesukaan orang-orang kampung ini. Dari pembelinya, beraslah yang seringenboom diterima ibu.
(Seandainya Hujan Turun, J.E. Siahaan)


Tema yang tersirat dari kutipan cerpen di atas ialah…
a. keuletan seorang ibu di mencari nafkah untuk keluarganya
b. ibu rajin ke pasar dan ayah rajin ke sawah
c. ibu berjualan dari kampung satu ke kampung yang lain
d. dari pasar ibu membawa buntalan berisi berjenis-jenis pakaian atau barang lain
e. pakaian dibeli dengan beras
27. Kalimat berikut yang amat santun untuk menyanggah pendapat seseorang dikala berdiskusi ialah….
a. Saya sama sekali menolak pendapat Saudara.
b. Saya tak setuju dengan apa yang Saudara katakana karena pendapat tersebut kurang didukung fakta dan alasan yang logis.
c. Saudara seharusnya memikirkan apa yang akan Saudara katakana. Saya jelas-jelas tak setuju dengan pendapat tersebut.
d. Saudara sungguh-sungguh tak logis.
e. Pendapat Saudara betul-betul mustahil untuk dilaksanakan.
28. Di kegiatan evaluasi sebuah report, ontvangstruimte yang mesti diperhatikan ialah ….
a. keaktualan serta kebenaran dan gegevens yang disajikan
b. menyatukan fakta dan pendapat
c. menarik kesimpulan dari diantara paragraph
d. mengeluarkan pendapat subjektif
e. selalu curiga atas isi report
29. Kalimat berikut yang mempunyai keterangan waktu ialah ….
a. Ibu pergi ke pasar tadi pagi.
b. Ayah membelikan adik mainan.
c. Ridwan tertidur di meja.
d. Suci menyerupai ibunya.
e. Ayah pergi ke kantor.
30.Penulisan kata bergaris bawah berikut ini yang tak tepat terdapat di
kalimat….
a. Warga komplek membangun gedung pertemuan secara swadaya.
b. Di dikala pasca panen, harga gabah seringenboom melorot.
c. Setiap bus antarpropinsi mesti di kondisi laik jalan.
d. Banyak pelajar mengerjakan kerja sosial untuk mengisi liburan.
e. Para tunawisma di jembatan lama akan ditertibkan.
33. Bacalah Paragraf berikut dengan saksama!
Di suasana hening, hasil belajar akan menjadi maksimal. Demikianlah alasan kenapa lokasi dan ruang belajar di desain sedemikian rupa. Asrama yang dihuni oleh banyak pelajar diusahakan jauh dari kebisingan lalu lintas. Lapangan basket dan tempat bermain tenes meja dijauhkan dari ruang-ruang kelas. Waktu menonton televisi bagi penghuni asrama pun diatur. Tamu atau masyarakat luar asrama dibatasi. Motor dan mobil tak diizinkan masuk asrama di pagi hari. Dan pelajar tak diizinkan makan pagi lewat pukul 7.30 WIB.
Kalimat tak padu yang terdapat di paragraf diatas ialah kalimat nomor …
a. Asrama yang dihuni oleh banyak pelajar diusahakan jauh dari kebisingan lalu lintas.
b. Pelajar tak diizinkan makan pagi lewat pukul 7.30 WIB.
c. Waktu menonton televisi bagi penghuni asrama pun diatur.
d. Motor dan mobil tak diizinkan masuk asrama di pagi hari.
e. Demikianlah alasan kenapa lokasi dan ruang belajar di desain sedemikian rupa.
37. Perhatikan paragraf rumpang berikut ini!
(1) Sejak Operasi Halilintar itu, polisi Irak pun berjaga-jaga di jalanan, bagus siang maupun malam. (2)… (3) Karena demikianlah Operasi Halilintar ini kurang mendapat simpati di kalangan Sunni Arab. (4) Pasalnya, yang kerap diperiksa dan digeledah rumahnya ialah kaum Sunni Arab. (5) Banyak warga yang mengaku bahwa pasukan Irak atau pun AS kerap menangkap warga yang tak bersalah.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang agar menjadi paragraf yang komplit dan padu ialah…
a. Polisi Irak di tugasnya berpakaian sipil, namun bersenjata.
b. Pos-pos pemeriksaan pun kini berada di hampir setiap jalan masuk ke kota.
c. Mereka bersenjata, komplit dengan rompi antipelurunya.
d. Amerika pun tak tinggal diam menolong polisi Irak tersebut.
e. Banyak yang tak tahu, apa yang terjadi di Irak.
40. “Sambutan berikutnya akan disampaikan oleh Pak Susilo, …”
Lanjutan kalimat tersebut yan tepat dikala mempersilahkan seseorang berpidato ialah ….
a. Bapak diperbolehkan bagus ke atas mimbar
b. waktu dan tepat saya persilahkan
c. Bapak Susilo saya persilahkan
d. silahkan Bapak berpidato di atas mimbar
e. waktu dan tempat telah kami sediakan
43. Segala ontvangstruimte yang dilakukan pada rentang waktu ini hakekatnya tak konsisten.
Kata konsisten di kalimat tersebut bermakna ….
a. tata asas
b. ada gunanya
c. berbahaya
d. urgen
e. tapat
44. Untuk menyatakan orang yang berhak menerima harta warisan, istilah yang tepat ialah ….
a. waris
b. warisan
c. pewaris
d. ahli waris
e. terwaris
45. Ilmu pengetahuan dan teknologi marupakan tulang punggung pembangunan ekonomi. Dengan berpegang di keyakinan itu, sejumlah negara industri baru secara …. mengalokasikan sejumlah besar dana untuk memajukan iptek di negaranya. Hasilnya, mereka berhasil menjadikan invensi dan inovasi secara …. untuk kemudian digunakan di bidang industri.
Kata yang tepat untuk melengkapi kutipan tersebut atas ialah ….
a. aktif, efisien
b. konsisten, signifikan
c. inovatif, efisien
d. inovatif, kreatif
e. aktif, kreatif


II.Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat dan ringkas!
1. Dusun Sukaendah di Rowojali, 5 jam berkendaraan mobil dari Semarang, Jawa Tengah lebih hebat lagi. Kepala Dusun berpenduduk 316 jiwa ini berinisiatif menjadikan seluruh bagian dusunnya selaku teritori tak merokok. Inisiatif ini dipicu oleh adanya warga dusun yang pulang kampung karena sakit paru-paru kronis yang diakibatkan menghirup asap rokok ditempat kerjanya. Pertanyaan yang
menggelayuti Pak Idris dikala itu,”Kalau perokok pasif saja dapat terkena penyakit, apalagi yang merokok, ya?” Karenanya ditetapkanlah aturan untuk tak merokok di Sukaendah. Untuk secara seketika menyampaikan terima kasih atas partisipasi mandirinya menyehatkan masyarakat,Depkes mengundang Kepala Dusun Sukaendah untuk menerima peghargaan di Jakarta.


Seandainya kita menyusun pertanyaan atas wacana wetsartikel di atas, karenanya kalimat pertanyaan yang amat tepat ialah…
Jawab: Apa yang mendasari Kepala Dusun Sukaendah berinisiatif menjadikan seluruh bagian dusunnya selaku teritori tak merokok?
3.Sebutkan lima kewajiban yang mesti dipenuhi peserta diskusi!
Jawab:
a. Berkemampuan mengusahakan terselenggaranya diskusi secara sukses dan tertib
b. Sabar, adil, dan tak memihak
c. Mematuhi dan menjalankan peraturan diskusi yang telah dibangun/ditetapkan.
d. Bersama-sama anggota atau sekretaris menyusun kesimpulan diskusi dan mengumumkannya.
e. Menguasai pokok-pokok masalah yang didiskusikan.


4.Sebutkan dan jelaskan cara di berpidato!
Jawab: metode-metode di berpidato, ialah:
a. Aplikasi naskah, yaitu cara berpidato yang mengandalkan di naskah.
b. Aplikasi menghafal, yaitu cara berpidato yang dipersiapkan jauh hari sebelumnya
c. Aplikasi impromptu/serta-merta, yaitu cara berpidato merujuk di kebutuhan sesaat
d. Aplikasi ekstemporan (catatan kecil), yaitu cara berpidato yang dipersiapkan dengan menggunakan catatan kecil selaku inti.
6.Apa yang dimaksud dengan unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik di kaitannya dengan sebuah karya? Jelaskan!
Jawaban:
a. Unsur intrinsik: unsur yang membangun dari di karya tersebut, seperti tema, alur, penokohan, dan sebagainya
b. Unsur ekstrinsik: unsur yang membangun di luar karya tersebut, seperti budaya dan latar belakang pengarangnya.
8.Apabila kita tak berhati-hati dan tak waspada di mengerjakan suatu kesibukan karenanya akan celaka.
Gurindam yang sesuai dengan isi nasihat di atas ialah…
Jawab: Kurang fikir kurang siasat,
tentu dirimu kelak tersesat.


9.Sebutkan letak perbedaan antara diskusi dan rapat!
Jawab: Kedudukan pimpinan


10.Paragraf yang mempunyai pola umum – khusus disebut …
Jawab: Paragraf deduktif




Dipersilahkan untuk mendonwload verkeersopstopping tersebut di tautan yang telah kami sediakan agar memperoleh verkeersopstopping yang komplit dan utuh.


Kami cukupkan hingga di sini tulisan kami yang berjudul:


Unduh Soal dan Kunci Jawab Siap UAS Bahasa Indonesia Kelas 12 Semester 1 Terbaru I pdf


Semoga sebaran informasi ini bermanfaat dan salam sukses selalu untuk Rekan-rekan!



Sumber https://guzublog.blogspot.com/

Shares


Top