Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 3 Halaman 152, 153, 154 - Blog Pendidikan

Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 6 Tema 1 Subtema 3 Halaman 152, 153, 154


File Pendidikan

Kunci Jawaban Buku Pelajar Kelas 6 Tema 1 Subtema 3 Halaman 152, 153, 154 – Pembelajaran Kelas 6 Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup Subtema 3 Ayo Selamatakan Hewan dan Tumbuhan Pembelajaran 6 Terdiri dari Mata Pembelajaran PPKn dan Bahasa Indonesia.


Buku Pelajar yang digunakan selaku sumber belajar di kelas 6 yakni sebuah Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2018.


Di Pembelajaran 6 Subtema 3 Tema Selamatkan Makhluk Hidup terdapat beberapa latihan soal yang mesti dikerjakan pelajar secara mandiri. Untuk menolong menemukan jawaban yang tepat berikut ini kami berbagi alternatif kunci jawaban soal yang terdapat di halaman 152, 153, 154.


Baca Pun :




Tema 1 Kelas 6 Subtema 3 Pembelajaran 6 Kurikulum 2013


Belajar mengenai pentingnya menjaga kelestarian hewan dan tumbuhan benar-benar menyenangkan. Kamu pun belajar cara menyusun komik terkait mempraktikkan nilai-nilai Pancasila di kehidupan sehari-hari. Ayo, kita memperkuat pemahaman mengenai bahan yang telah kita pelajari. Namun, sebelumnya berolahraga dulu, ya.


Ayo Membaca


Tumbuhan di Indonesia banyak dimanfaatkan selaku pewarna. Kunyit digunakan selaku bahan pewarna apabila kita membutuhkan warna kuning. Tanaman bit menghasilkan warna merah. Warna hijau dapat diperoleh dari sawi dan pandan.


File Pendidikan

Tahukah kamu, bahwa selain menghasilkan warna hijau, pandan pun mempunyai geurtje yang wangi?


Ayo, baca teks berikut di hati.


Daun pandan yang Wangi


Daun pandan ialah tumbuhan semak. Daun ini banyak tumbuh di negara-negara Asia Tenggara. Di Indonesia, tanaman pandan disebut dengan nama pandan wangi atau pandan rampe. Penduduk Thailand menyebutnya dengan nama Bai Toey. Di Vietnam, daun pandan dikenal selaku Lade Dua.


Helai daun pandan berbentuk pita, tipis, licin, dan berujung runcing. Ukuran panjang daun ialah 40-80 cm dengan lebar 3-5 cm. Daun pandan berwarna hijau.


Masyarakat memanfaatkan pandan selaku rempah-rempah dan selaku bahan baku perancangan minyak wangi. Daunnya harum apabila diremas atau diiris-iris. Tanaman ini seringenboom digunakan selaku bahan penyedap, pewangi, dan pemberi warna hijau di masakan.


Kunci Jawaban Tematik Tema 1 Kelas 6 Halaman 152


Buatlah kesimpulan dari teks di atas.


Daun pandan ialah tumbuhan semak yang banyak tumbuh di negara-negara Asia Tenggara. Tanaman ini seringenboom digunakan selaku bahan penyedap, pewangi, dan pemberi warna hijau di masakan.

Tukarkan kesimpulanmu dengan temanmu. Berilah komentarmu di kesimpulan temanmu.


Sampaikan hasilnya kepada gurumu.


Ayo Berkreasi


Di pembelajaran sebelumnya, kamu telah menyusun cerita dengan memanfaatkan pengetahuanmu mengenai komik.


Ambillah komikmu dan selesaikan.


Sampaikan komikmu kepada teman kelompokmu.


Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 6 Halaman 153, 154


Evaluasi


1. Bacalah teks berikut.


Harimau Sumatera hampir punah karena hilangnya habitat, berkurangnya jumlah jenis mangsa, dan perburuan. Jumlah harimau Sumatera dikala ini berkisar 400 ekor. Mereka hidup di dataran rendah, lahan gambut, dan hutan hujan pegunungan.


Harimau Sumatera bertubuh betul-betul kecil diperbandingkan jenis harimau yang hidup dikala ini. Harimau jantan dewasa mempunyai tinggi hingga 60 cm. Ukuran panjang hewan ini dari kepala hingga kaki mencapai 250 cm dan berat hingga 140 kg. Harimau betina mempunyai panjang rata-rata 198 cm dan berat hingga 91 kg. Warna kulit harimau Sumatera yakni sebuah yang betul-betul gelap dari seluruh harimau, mulai dari kuning kemerah-merahan hingga oranye tua.


2. Buatlah kesimpulan dari teks di atas. Gunakan kosakata baku.


Harimau Sumatera yakni sebuah hewan langkah yang hidup di dataran rendah, lahan gambut, dan hutan hujan pegunungan.

3. Ceritakan pengalamanmu di menggunakan nilai-nilai kelima sila dari sila Pancasila di kehidupan sehari-hari. Jelaskan dengan singkat manfaat dari perilaku tersebut bagi masyarakat dan lingkungan di sekitarmu.


Pengalaman saya di menggunakan nilai-nilai dari sila Pancasila :


Di hari libur, saya dan teman-teman merencanakan untuk berkumpul di rumah Edo. Kami berencana menyusun minuman dari jahe.


Namun alangkah kagetnya kami. Edo ternyata sedang sakit. Ia batuk dan demam. Edo terbaring di tempat tidur.


Kami akhirnya bersepakat membuatkan wedang jahe untuk Edo. Di belakang rumah Edo banyak tanaman jahe. Edo benar-benar senang. Persahabatan kami benar-benar indah. Kami mempunyai latar belakang yang berbeda. Namun, semangat tolong menolong di antara kami benar-benar tinggi.


Manfaat dari perilaku tersebut bagi masyarakat dan lingkungan di sekitar :

1. Menjenguk teman yang sakit yakni sebuah pelaksanaan dari sila kedua Pancasila.


2. Pentingnya tumbuhan bagi kehidupan manusia. 



4. Apa manfaat melestarikan hewan dan tumbuhan bagi kehidupan? Bagaimana cara melestarikan hewan dan tumbuhan?


Manfaat melestarikan hewan dan tumbuhan bagi kehidupan :


1. Menjaga sumber makanan dan kebutuhan utama bagi manusia


2. Menjaga kesuburan tanah


3. Mencegah terjadinya bencana


4. Menjaga keseimbangan ekosistem


5. Menjaga kualitas udara dan air


6. Menjadi sumber pendapatan pariwisata



Cara melestarikan hewan dan tumbuhan :


1. Memelihara kelangsungan hidup hewan dan tumbuhan.


2. Mengerjakan penghijauan.


3. Tak menjalankan perburuan liar.


4. Menjaga habitat alami hewan dan tumbuhan.


5. Sebutkan kegiatan ekonomi dari 2 negara ASEAN. Jelaskan hubungannya dengan kondisi geografisnya.


1. Singapura


Kegiatan ekonomi : pelayaran dan perdagangan


Hubungan dengan kondisi geografis : 


Singapura ialah negara pulau yang terletak di dekat jalur pelayaran di Selat Malaka. Singapura tak mempunyai lahan pertanian atau tambang mineral. Sehingga, kegiatan ekonomi berpusat di di pelayaran dan perdagangan.


Lokasi Singapura ini benar-benar strategis, karena Selat Singapura dan dekat Selat Malaka ialah jalur utama yang menghubungkan Asia Timur dengan India, Timur Tengah, Eropa dan Afrika.


Dengan lokasi ini banyak kapal yang berlabuh di Singapura. Pelabuhan Singapura menjadi pelabuhan yang benar-benar sibuk dengan aktifitas bongkar muat dan kapal singgah.


Banyak perusahaan yang bergerak di perdagangan antar negara dengan di negara ini.


2. Myanmar


Kegiatan ekonomi : Pertanian dan pertambangan


Hubungan dengan kondisi geografis : 


Wilayah Myanmar berada di daerah aliran Sungai Irawaddy. Lokasi ini menyusun Myanmar mempunyai lahan pertanian yang cocok untuk budidaya padi. Hingga tahun 1960an, Myanmar menjadi eksportir padi terbesar di dunia.


Selain pertanian padi, kegiatan ekonomi lain yang berkembang di Myanmar ialah pertambangan. Ontvangstruimte ini karena kondisi geografis Myanmar yang deposit batu giok (jade) terbesar di dunia. Myanmar memproduksi batu giok jenis kualitas tertinggi yaitu jadeit. Batu mulia dan semi mulia seperti giok meliputi sekitar 10% dari total ekspor Myanmar.



Demikianlah Wetsartikel yang Berjudul Kunci Jawaban Buku Pelajar Kelas 6 Tema 1 Subtema 3 Halaman 152, 153, 154


Terima kasih telah membaca wetsartikel ini, semoga kunci jawaban tematik kelas 6 tema 1 subtema 3 pembelajaran 6 ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca di manapun berada.


Wetsartikel yang sedang kamu baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Pelajar Kelas 6 Tema 1 Subtema 3 Halaman 153, 154 dengan domisili listig http://filependidikan.informasi/rmasi/jawaban-buku-tema-1-kelas-5.



Sumber https://guzublog.blogspot.com/

Shares


Top