Soal Ulangan Tema 5 Kelas 5 SD Kurikulum 2013 - Blog Pendidikan

Soal Ulangan Tema 5 Kelas 5 SD Kurikulum 2013











File Pendidikan
Unduh soal PAS atau ulangan ahir semester 1 kelas 5 SD Kurikulum 2013 Tema 5 Ekosistem.

Penilaian akhir semester (PAS) di Kurikulum 2013 (K13) atau pun dikenal dengan Ulangan ahir semester (UAS) ganjil dilaksanakan di sekitar bulan Desember sesuai dengan kalender pendidikan yang ditetapkan oleh Dinas Pendidikan. Jadwal pelaksanaan PAS semester 1 kelas 5 SD Kurikulum 2013 dibuat oleh Dinas Pendidikan.


Buat setiap tema kelas 5 SD Kurikulum 2013 (K13) terdiri 3 subtema dan setiap subtema terdiri dari 6 pembelajaran. Setiap ahir dari setiap subtema dilaksanakan Penilian Harian (PH) atau Ulangan Harian (UH). Tema 5 Ekosistem yang digunakan buat penilaian ahir semester ganjil Kelas 5 Kurikulum 2013 revisi terbaru yaitu:


Subtema 1 – Komponen Ekosistem
Subtema 2 – Hubungan Antarmakhluk Hidup pada Ekosistem
Subtema 3 – Keseimbangan Ekosistem


Pengklasifikasian Kompetensi Basic (KD) Tema 5 Kelas 5


Soal UAS atau penilaian akhir semester 1 Kelas 5 SD disusun merujuk pada kisi-kisi terdiri dari soal alternatif ganda, isian singkat, dan uraian. Soal UAS Kurikulum 2013 kelas 5 terdiri dari beberapa kompetensi basic muatan mata pembelajaran, yaitu: PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, Seni Budaya dan Prakarya (SBdP).


Pengklasifikasian KD kelas 5 sesuai Kurikulum 2013 perlu dilakukan buat mempermudah pada melakukan penilaian hasil belajar peserta didik, mempermudah merancang soal evaluasi, mempermudah pada merancang kisi-kisi soal serta dapat mempermudah pada melakukan analisa soal. Berikut deskripsi setiap KD Kelas 5 SD Tema 5 Ekosistem:


KD Muatan Pembelajaran PPKn Tema 5 Kelas 5


3.4 Menggali manfaat persatuan dan kesatuan buat membangun kerukunan hidup.


KD Muatan Pembelajaran Bahasa Indonesia Tema 5 Kelas 5


3.7 menguraikan konsep-konsep yang saling berkaitan di teks nonfiksi.


KD Muatan Pembelajaran IPA Tema 5 Kelas 5


3.5 menganalisis hubungan antar komponen ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar.


KD Muatan Pembelajaran IPS Tema 5 Kelas 5


3.1 mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia selaku negara kepulauan/maritim dan agraris serta pengaruhnya kepada kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi.


KD Muatan Pembelajaran SBdP Tema 5 Kelas 5


3.2 memahami tangga nada.
3.3 memahami pola lantai pada tari kreasi daerah.


Contoh Soal Ulangan Kelas 5 Tema 5 Subtema 1, 2, dan 3


Ayo kerjakan soal-soal di bawah ini dengan benar!


A. 3.4
3. Pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa tak lepas dari pengaruh berdirinya organisasi pemuda di tanggal 20 Mei 1908, yang bernama ….
8. Kenapa Sumpah Pemuda disebut selaku perekat persatuan dan kesatuan bangsa?


B. 3.7
13. Pelajar kelas 5 akan melakukan wawancara, hal utama yang dilakukan sebelum wawancara yaitu ….
16. Buatlah percakapan lewat telepon dengan bahasa yang bagus dan sopan!


C. 3.5
18. Interaksi antara makhluk hidup dengan benda-benda tak hidup di sebuah lingkungan disebut …
A. populasi
B. komunitas
C. ekosistem
D. rantai makanan


D. 3.1
30. Wilayah Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau yang tersebar dari Sabang hingga Merauke, karenanya disebut selaku negara ….
32. Sebutkan 3 produk pertanian yang secara rutin diekspor sehingga dapat meningkatkan perekonomian Indonesia!


E. 3.2
35. Lagu Syukur ciptaan H. Mutahar dimainkan dengan tangga nada …
E. 3.3
40. Tari Merak menggunakan pola lantai horizontal, artinya ….
E. 3.4
40. Sebutkan 3 jenis topeng Cirebon sesuai karakternya!


Unduh Soal Penilaian Ahir Semester 1 Kelas 5 Tema 5


Selengkapnya soal-soal UAS atau PAS semester 1 kelas 5 SD Kurikulum 2013 Tema 5 Ekosistem yang belum disertai dengan kunci jawabannya dan yang berformat .pdf itu dapat didownload lewat link berikut ini:



Buat bahan persiapan anak-anak menghadapi ujian atau Ulangan Ahir Semester 1, khususnya kelas 5 SD yang menggunakan Kurikulum 2013 dapat mengerjakan soal-soal latihan di atas yang belum disertai dengan kunci jawabannya. Selain kompetensi pengetahuan (KI 3), pelajar pun mesti menguasai kompetensi ketrampilan (KI 4).


Hasil penilaian pengetahuan diolah secara kuantitatif dengan menggunakan angka (bilangan bulat skala 0-100), predikat, dan deskripsi. Deskripsi berupa kalimat positif terkait capaian kemampuan peserta didik pada setiap muatan pembelajaran yang mengacu di setiap KD. Nilai penilaian ahir semester (NPAS) merupakan nilai setiap KD pengetahuan per muatan pembelajaran.



Sumber https://guzublog.blogspot.com/

Shares


Top