Soal-Jawab UTS/PTS 2 Seni Budaya SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI K13 - Blog Pendidikan

Soal-Jawab UTS/PTS 2 Seni Budaya SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI K13


Contoh Soal dan Kunci Jawaban Siap UTS/PTS Semester 2/II Seni Budaya SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI Kurikulum 2013 ini dihadirkan dengan harapan bahwa ia dapat menjadi alat belajar untuk para pelajar SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI kelas 11/XI pada rangka menghadapi ulangan/penilaian tengah semester 2/II bagi mata pembelajaran seni budaya.


Dengan mengusung semangat kebaruan, bahan soal dan kunci jawaban siap UTS/PTS 2/II Mapel Seni Budaya telah disesuaikan dengan pendekatan kurikulum terbaru, yaitu kurikulum 2013 dengan revisi 2017 termutakhir. Literatur atau referensi yang digunakan yaitu Buku Pelajar Mapel Seni Budaya SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017.


Contoh Soal dan Kunci Jawaban Siap UTS/PTS Semester 2/II Seni Budaya SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI Kurikulum 2013 ini telah dikaji dengan seksama dengan memperhatikan unsur kehati-hatian dan kajian akademik yang lumayan sehingga kadar kualitas dari soal dan juga kunci jawaban dapatlah dipertanggungjawabkan.


Berikut yaitu tautan Unduh Contoh Soal dan Kunci Jawaban Siap UTS/PTS Semester 2/II Seni Budaya SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI Kurikulum 2013:





Berikut yaitu kutipan dari Soal-Jawab UTS/PTS 2 Seni Budaya SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI K13 tersebut:




11. Bagi kepentingan informasi katalog dan pelabelan, karenanya hal-hal tersebut haruslah di catat, kecuali
A. Nama perupa
B. Tahun penciptaan
C. Media
D. Penghargaan yang pernah diterima


12. Pada pemajangan karya dua dimensi, hal mendasar yang perlu diperhatikan yaitu
A. Kesesuaian antara keluasan ruang dengan jumlah karya yang dipamerkan
B. Kesesuaian antara jumlah biaya yang dikeluarkan dengan penghasilan yang akan diterima
C. Kesesuaian antara selera pengunjung dengan karya yang hendak ditampilkan
D. Kesesuaian antara karya seni dengan kualitasnya


13. Pada pemajangan karya tiga dimensi, hal mendasar yang perlu diperhatikan yaitu
A. Aspek dimensi itu sendiri
B. Kesesuaian antara dimensi karya dengan jumlah biaya sewa ruang
C. Aspek estetika dimensi itu sendiri
D. Aspek ekonomis dari karya tiga dimensi tersebut


14. Berikut yang bukan adalah sebuah kegiatan di aktifitas pembukaan pameran
A. Report bendahara
B. Report ketua panitia
C. Sambutan kepala sekolah
D. Sambuatan pengajar seni budaya


15. Berikut yang dapat digolongkan selaku karya seni rupa terapan yaitu
A. Lukisan
B. Patung
C. Kriya
D. Grafis


16. Berikut yang bukan adalah sebuah kategori seni rupa dari segi wujud yaitu
A. Seni rupa dua dimensi
B. Seni rupa tiga dimensi
C. Seni rupa abstrak
D. Seni rupa multidimensi


17. Berikut yang bukan adalah sebuah kegunaan seni menurut Edmund Burke Feldman yaitu
A. Manfaat personal
B. Manfaat sosial
C. Manfaat ekonomi
D. Manfaat fisikal


18. Seni rupa murni untuk apresiator yaitu selaku alat bagi
A. Memperoleh nilai estetik
B. Media ekspresi
C. Memenuhi keperluan fisik
D. Memenuhi keperluan nonfisik


19. Corak karya seni rupa yang mempunyai sifat bersahaja, naif, sederhana, spontan, jujur, bagus dari segi penggarapan wujud maupun pewarnaan. Senimannya bebas dari belenggu profesionalisme, tradisi, teknik, dan latihan formal proses kreasi seni.


Corak dan karakteristik seperti yang disebutkan di atas mewakili aliran
A. Primitivisme
B. Naturalism
C. Realisme
D. Dekoratif


20. Budaya ini ditandai oleh ketiadaan penggangguran, konsumerisme, makin meningkatnya kesejahteraan, mobilitas sosial ke atas, melonggarnya struktur kelas pada masyarakat, berubahnya pandangan sosial, dan kesejahteraan kaum muda, dan juga budaya protesnya, pengalaman dan kepekaan yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.


Budaya tersebut di atas memunculkan seni selaku berikut
A. Seni kontemporer
B. Seni konseptual
C. Seni optik
D. Seni pop




Kutipan mengenai Bahan Mapel Seni Budaya SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI Kurikulum 2013:


A. Pembelajaran Apresiasi dan Kreasi Seni Rupa


Mengingat ruang lingkup seni rupa itu semacam itu luas, karenanya bijaksana menetapkan cakupan aktivitas pembelajaran.
1. Pada pembelajaran apresiasi seni keluasan lingkup kompetensi inti dan kompetensi basic seni rupa itu dapat diberikan, agar pengetahuan para pelajar SMA dapat mewakili pengetahuan umum mengenai kesenirupaan.


2. Pada pembelajaran kreasi, perlu dibatasi, namun tetap mesti mewakili 2 hal urgen, yakni pertama-tama, penciptaan seni murni: dipilih seni lukis atau seni patung; kedua, penciptaan seni terapan: bidang desain: dipilih desain komunikasi visual, dan bidang kriya: dipilih kriya tekstil. Dengan demikian pengalaman belajar pelajar berekspresi, bereksperimen, menyusun atau berkarya desain, serta berkriya telah mewakili ketiga substansi kompetensi bidang kesenirupaan.


Pengembangan perasaan estetik atau perasaan keindahan berlangsung di proses pembelajaran apresiasi seni. Sedangkan pengembangan perasaan artistik berlangsung di proses pembelajaran penciptaan karya seni rupa murni, desain, dan kriya. Aktivitas pembelajaran apresiasi seni dan kreasi seni mesti dipisah, pada arti pembelajarannya diselenggarakan sendiri-sendiri. Misalnya, pertemuan 1 dan ke-2 yaitu pembelajaran apresiasi seni. Pertemuan ke-3 dan ke-4 yaitu pembelajaran kreasi atau penciptaan seni lukis, desain komunikasi visual, dan kriya tekstil. Pembagian waktu pembelajaran ini disesuaikan dengan keperluan kelas dan kesiapan alat dan prasarana pembelajaran setiap sekolah.
Satu hal yang sulit untuk pengajar seni budaya yaitu mengenali tingkat kemampuan apresiatif dan kemampuan artistik pelajar, tetapi hal ini amat diperlukan, karena tanpa pengetahuan tersebut sulit untuk pengajar bagi melihat dan mengetahui adanya perkembangan atau kemajuan yang diperoleh oleh pelajar.
Mata pembelajaran Seni Budaya mempunyai kegunaan dan tujuan, yaitu:
1. sikap toleransi, (dilatihkan pada kegiatan bersama), penyelenggaraan pameran, lomba
lukis, penciptaan lukisan dinding, penyelenggaraan kunjungan museum, karya wisata ke
sentra seni dan kerajinan, dan lain sebagainya;
2. menjadikan sikap demokrasi yang beradab, (sikap yang dipraktikkan pada kegiatan
diskusi, penulisan dan penilaian kritik seni);
3. hidup rukun pada masyarakat yang majemuk, (perilaku yang dikembangkan di sekolah,
yang diinginkan berdampak positif dan terefleksi pada kehidupan bermasyarakat);
4. memaksimalkan kepekaan rasa dan keterampilan (lewat aktivitas apresiasi seni kepekaan
rasa keindahan, berpengaruh pula bagi kepekaan rasa non estetik);
5. mampu menggunakan teknologi pada berkreasi dan mempergelarkan karya seni.
(Mengharuskan adanya keterbukaan akan pemakaian teknologi baru pada aktivitas
seni rupa (murni, desain, dan kriya). Misalnya digital art, computer art, program free hand,
photoshop, vector art, video art, internet art, web art, museum online, dan lain-lain.


Demikian tulisan mengenai


Unduh Contoh Soal dan Kunci Jawaban Siap UTS/PTS Semester 2/II Seni Budaya SMA/MA-SMK/MAK Kelas 11/XI Kurikulum 2013


Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!



Sumber https://guzublog.blogspot.com/

Shares


Top