Modul Supervisi dan Penilaian Kinerja Guru 2019 - Blog Pendidikan

Modul Supervisi dan Penilaian Kinerja Guru 2019

– Modul Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah Supervisi dan Penilaian Daya kerja Pengajar (MPPKS – PKG) Tahun 2019. Diktorat Jenderal Pengajar dan Tenaga Kependidikan telah menerbitkan Buku / Modul Supervisi dan Penilaian Daya kerja Pengajar bertujuan bagi membekali kepala sekolah agar dapat menjalankan fungsi supervisi kepada pendidik dengan bagus.


Kepala sekolah ialah pemimpin dan sekaligus penanggung jawab terselenggaranya pembelajaran yang berkualitas di sekolah. Pembelajaran yang tinggi yang ditandai dengan daya kerja yang bagus. Oleh karena itu, kepala sekolah mesti mempunyai kemampuan bagi menjamin adanya proses peningkatan profesionalisme pendidik sekaligus menjalankan penilaian performanya.


File Pendidikan

Diantara upaya urgen pada pengembangan pengembangan profesionalisme dan peningkatan daya kerja pendidik di sekolah ialah supervisi kepada pendidik. Oleh karena itu kepala sekolah mesti mempunyai pengetahuan dan keterampilan pada pelaksanaan supervisi kepada pendidik. Di sisi lain, pendidik mesti dinilai performanya lewat mekanisme Penilaian Daya kerja Pengajar (PK Pengajar).


PK Pengajar ialah penilaian dari tiap butir kegiatan fungsi utama Pengajar pada rangka pembinaan karier kepangkatan dan jabatannya. Dua kegiatan tersebut mempunyai tujuan dan pendekatan yang berbeda. Supervisi kepada pendidik lebih bersifat menolong pendidik pada mengatasi kesulitan yang dihadapi agar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, sedangkan PK Pengajar lebih condong di justifikasi  daya kerja pendidik.


Ruang lingkup bahan supervisi dan penilaian daya kerja pendidik meliputi:
a) Konsep Supervisi Pengajar
b) Prinsip-Prinsip Supervisi Pengajar
c) Pendekatan, Teknik  dan Model Supervisi Pengajar
d) Instrumen Supervisi Pengajar
e) Tahapan Supervisi Pengajar
f) Konsep Penilaian Daya kerja Pengajar
g) Prinsip-Prinsip Penilaian Daya kerja Pengajar
h) Komponen PK Pengajar
i) Waktu Pelaksanaan PK Pengajar
j) Aspek yang Dinilai
k) Perlengkapan Pelaksanaan PK Pengajar
l) Pelaksanaan PK Pengajar
m) Pengolahan Hasil Penilaian


Lebih lanjut pada memahami Penguatan Kepala Sekolah Supervisi dan Penilaian Daya kerja Pengajar (MPPKS – PKG), alangkah baiknya bapak dan ibu Kepala Sekolah mengunduh Modul Supervisi dan Penilaian Daya kerja Pengajar Terbaru Tahun 2019 di link dibawah ini:


Modul Supervisi dan PKG 2019.pdf, Unduh


Demikian informasi Modul Pelatihan Kepala Sekolah Supervisi dan Penilaian Daya kerja Pengajar (MPPKS – PKG) Tahun 2019 kami sampaikan, semoga bermanfaat.
Sumber https://www.websiteedukasi.com/



Sumber https://guzublog.blogspot.com/

Shares


Top