Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 5 Halaman 96, 97, 98 - Blog Pendidikan

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 5 Halaman 96, 97, 98


Kunci Jawaban Buku Pelajar Tema 3 Kelas 5 Halaman 96, 97, 98 – Pembelajaran Tema 3 Kelas 5 Makanan Sehat Subtema 3 Pentingnya Menjaga Asupan Makanan Sehat Pembelajaran 3 Terdiri dari Mata Pembelajaran PPKn SBDP dan Bahasa Indonesia.


Buku Pelajar yang digunakan selaku sumber belajar di kelas 6 adalah sebuah Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2018.


Pada Pembelajaran 3 Subtema 3 Tema Makanan Sehat  terdapat beberapa latihan soal yang mesti dikerjakan pelajar secara mandiri. Bagi menolong menemukan jawaban yang tepat berikut ini kami berbagi alternatif kunci jawaban soal yang terdapat di halaman 96, 97, 98.


Baca Pun :




Tema 3 Kelas 5 Makanan Sehat Subtema 3 Pentingnya Menjaga Asupan Makanan Sehat Pembelajaran 3


Cermati percakapan Lani dan Dayu, dibawah ini!


Lani : “Kami telah memberitahu ayah dan ibuku mengenai membeli produk buah lokal.”


Dayu : “Lalu, bagaimana pendapat mereka, Lan?”


Lani : “Mereka berdua benar-benar setuju dengan membeli produk lokal, apapun itu. Buah-buahan pun lain-lainnya. Hal ini bagus bagi mendukung pemberdayaan petani serta produk pada negeri. Dengan membeli produk hasil negeri sendiri, kita ikut menolong meningkatkan kesejahteraan para petani serta pengusaha kecil pada negeri.”


Ayo Membaca


Perkumpulan Petani Pemakai Air


Ketika kita berbicara mengenai buah-buahan lokal, kita berbicara mengenai keberadaan petani lokal di pada sebuah daerah.


Membeli buah-buahan atau sayuran lokal berarti menolong memberdayakan petani. Ternyata, ketika ini banyak petani yang tergabung pada sebuah organisasi Perkumpulan Petani Pemakai Air atau yang dikenal dengan P3A.


Setiap desa yang mempunyai areal irigasi dianjurkan menyusun organisasi P3A. Pembentukan organisasi P3A atau organisasi petani irigasi tersebut dilakukan oleh petani itu sendiri, menurut kebutuhannya serta sesuai dengan norma dan nilai yang berkembang secara spesifik di daerah masing-masing.


Organisasi petani irigasi (P3A) tak tergantung di pihak luar, berkembang secara perlahan dan bertahap, dan berusaha bagi membiayai diri sendiri sesuai dengan kemampuan para anggotanya.


Organisasi ini boleh menerima bantuan, tetapi tak boleh menggantungkan diri dari bantuan.


Organisasi petani pemakai air mesti memelihara pengetahuan dan teknologi lokal, yaitu pengetahuan yang sejak zaman dahulu telah diterima oleh masyarakat secara turun-temurun dari nenek moyang mereka.


Anggota organisasi ini pun senantiasa terbuka kepada pengetahuan dari luar bagi menambah pengetahuan mereka sesuai dengan pengalaman orang lain kalau memang sesuai dan bermanfaat.


Selain itu, organisasi ini pun ikut menjaga lingkungan fisik, sosial, budaya, politik, dan ekonomi.


Para petani tanpa memandang perbedaan, dapat masuk menjadi anggota organisasi petani pemakai air ini.


Organisasi petani pemakai air (P3A) bertujuan bagi menampung masalah dan aspirasi petani yang berhubungan dengan air bagi tanaman dan bercocok tanam.


Organisasi ini menjadi wadah bertemunya petani bagi saling bertukar pikiran, curah pendapat serta membangun keputusan-keputusan guna memecahkan permasalahan yang dihadapi bersama oleh petani, bagus yang dapat dipecahkan sendiri maupun yang memerlukan bantuan dari luar.


Organisasi ini memberikan pelayanan keperluan petani terutama pada memenuhi keperluan air irigasi bagi usaha pertaniannya.


Pada tahapan perkembangannya organisasi ini diinginkan dapat menjadi suatu unit usaha mandiri yang mampu menyediakan alat produksi pertanian (saprotan) dan sebagainya maupun pada upaya pemasaran.


Selain itu, organisasi ini pun berperan pada pengembangan dan pengelolaan program irigasi.


Organisasi P3A adalah sebuah sebuah contoh pembangunan sosial budaya.


Disebut sosial karena tumbuh dan berkembang pada kehidupan masyarakatnya.


Disebut budaya karena di dalamnya terdapat ide atau gagasan yang dapat jadi adalah sebuah warisan dari generasi sebelumnya.


Inilah yang mendasari pembangunan sosial budaya yang memang dirancang bagi meningkatkan taraf hidup masyarakat di dalamnya.


Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 5 Halaman 96


Lakukan identifikasi kepada bentuk-bentuk keragaman yang kamu peroleh di bacaan di atas.


Berikanlah penjelasan bagi setiap keragaman yang kamu peroleh. Sebuah contoh telah diberikan untukmu.


1. Organisasi P3A dibentuk oleh petani itu sendiri, menurut kebutuhannya serta sesuai dengan norma dan nilai yang berkembang secara spesifik di daerah masing-masing. Ini berarti setiap organisasi P3A berbeda dari satu daerah dengan daerah yang lain.


2. Para petani tanpa memandang perbedaan, dapat masuk menjadi anggota organisasi petani pemakai air, hal ini berarti bahwa pada organisasi tersebut anggotanya dapat terdiri dari siapa saja  yang pastinya mempunyai perbedaan. 

3. Organisasi  ini diinginkan dapat menjadi suatu unit usaha yang menyediakan alat produksi pertanian maupun upaya pemasaran, artinya organisasi ini terdiri dari petani-petani yang mempunyai keterampilan berbeda.

Dengan adanya P3A diinginkan masyarakat petani dapat mempunyai kemampuan bagi mengoptimalkan potensi, motivasi, dan keadaan dirinya sendiri.


Lewat organisasi P3A ini diinginkan masyarakat mempunyai keterampilan merencanakan dan menjalankan kegiatan pengelolaan irigasi secara bagus, berkelanjutan, dan mandiri.


Ini yakni hal-hal yang diperoleh masyarakat petani dari organisasi P3A selaku sebuah contoh pembangunan sosial budaya.


Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 5 Halaman 97


Menurut pendapatmu, hal-hal apakah yang dapat diperoleh masyarakat setempat dari sebuah pembangunan sosial budaya lainnya?


Masyarakat mempunyai keterampilan dan kemampuan bagi mengoptimalkan potensi, motivasi, dan keadaan dirinya sendiri.

Cari tahu satu contoh organisasi yang adalah sebuah perwujudan dari pembangunan sosial budaya di daerahmu.


Jelaskan secara singkat sejarah berdirinya organisasi tersebut serta manfaat yang diberikan untuk para anggotanya.


Kamu dapat mencari tahu dengan menggunakan media internet, koran lokal, atau bertanya di pengajar atau teman.


Ayo Berkreasi


Keberagaman yakni hal yang indah.


Buatlah cetakan tanganmu di selembar kertas dan gunting dengan rapi.


Tuliskan keterampilan yang sangat kamu kuasai (contohnya memasak atau menulis) serta asal daerah kedua orang tuamu. Dekorasilah dengan menarik.


Tempelkan di selembar kertas karton besar bersama cetakan tangan milik teman-teman sekelasmu. Lihatlah hasilnya bersama-sama.


Berapa orang teman yang mempunyai keterampilan yang sama denganmu?


Berapa orang teman yang mempunyai keterampilan yang berbeda denganmu?


Apa manfaat dari mempunyai teman dengan keterampilan yang sama?


Apa manfaat dari mempunyai teman dengan keterampilan yang berbeda?


Berapa orang temanmu yang berasal dari daerah yang sama denganmu?


Berapa orang temanmu yang berasal dari daerah yang berbeda denganmu?


Apa manfaat dari mempunyai teman yang berasal dari daerah yang sama?


Apa manfaat dari mempunyai teman yang berasal dari daerah yang berbeda?


Berikan kesimpulanmu.


Organisasi P3A terdiri atas para petani yang menggunakan irigasi selaku modal kerjanya.


Para petani tersebut dapat berupa petani pemilik sawah, petani penggarap sawah, pemilik kolam ikan yang memperoleh air dari jaringan irigasi serta petani pemakai air irigasi lainnya.


Keragaman yang terdapat pada organisasi ini menjadi kekuatan tersendiri untuk organisasi tersebut terutama ketika menghadapi masalah yang berkaitan dengan irigasi.


Dari yang yang tertera pada bacaan di atas bahwa, “ Organisasi ini menjadi wadah bertemunya petani bagi saling bertukar pikiran, curah pendapat serta membangun keputusan-keputusan guna memecahkan permasalahan yang dihadapi bersama oleh petani, bagus yang dapat dipecahkan sendiri maupun yang memerlukan bantuan dari luar.”


Keberagaman yang dimiliki oleh organisasi ini justru memperkuat keberadaan organisasi tersebut, terutama pada menghadapi masalah atau tantangan-tantangan baru.


Ayo Mencoba


Mari kiita coba berlatih bekerja sama pada kelompok!


Kamu dan tiga orang temanmu berada pada satu tim kreatif yang akan membangun sebuah iklan layanan masyarakat mengenai pentingnya keanekaragaman selaku modal pembangunan bangsa.


Apa sajakah yang akan kamu butuhkan pada penyusunan iklan tersebut?


Isilah peta pikiran berikut ini dengan menentukan siapa saja yang bertanggung jawab menentukan dan mengerjakan setiap bagian yang dimaksud.


Mulailah bagi menentukan judul, karakter, serta rancangan naskah pada format iklan layanan masyarakat.


Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 5 Halaman 98


File Pendidikan

Judul Iklan : Buah Lokal


Yang dibutuhkan pada iklan layanan masyarakat : Judul Iklan, Sketsa Gambar, Tokoh yang Memerankan Iklan, dan Naskah Iklan.


Jumlah pemeran pada iklan : 3 orang


Karakter tokoh (penampilan fisiknya, latar belakang suku bangsa) : Pelajar 1 suku jawa, pelajar 2 suku batak, pelajar 3 suku betawi.


Sketsa Gambar :


File Pendidikan

Sumber : Kumparan


Naskah iklan :


Pelajar 1 : “Lihat apa yang kubawa!”


Pelajar 2 : “Wah, buah apa itu? Kenapa warnanya ungu agak kemerahan?”


Pelajar 1 : “Ini buah naga impor, lho! Tak ada duanya. Kalau buah naga lokal itu warnanya putih, sementara ini warnanya unik sekali.”


Pelajar 3 : “Oh, buah naga, ya? Kami pun suka membeli buah naga. Akan tetapi, admin membeli buah naga hasil petani lokal saja. Manfaat dan rasanya pun sama. Harganya pun jauh lebih murah. Sekalipun warnanya berbeda, bukankah itu tak memengaruhi manfaatnya?”


Pelajar 2 : “Iya. Kalau kata ayahku, buah produksi petani lokal itu lebih segar karena jalur distribusinya lebih pendek. Berbeda dengan buah impor yang membutuhkan banyak pengawet karena jalur distribusinya lebih panjang. Jadi, selain produksi petani lokal lebih aman bagi dikonsumsi, kita pun turut menolong memberdayakan petani lokal kita.”


Pelajar 1 : “Oh, demikian itu, ya. Kami jadi paham sekarang ini. Kami akan memberitahu ayah dan ibuku pun bagi membeli produk buah lokal mulai dari sekarang ini.”


Demikianlah Artikel yang Berjudul Kunci Jawaban Buku Pelajar Tema 3 Kelas 5 Halaman 96, 97, 98


Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga kunci jawaban tematik kelas 5 tema 3 Subtema 3 pembelajaran 3 ini dapat memberikan manfaat untuk para pembaca di manapun berada.


Artikel yang sedang sahabat baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Pelajar Tema 3 Kelas 5 Halaman 96, 97, 98 dengan domisili link http://filependidikan.info/rmasi/jawaban-buku-tema-1-kelas-5.




Sumber https://guzublog.blogspot.com/

Shares


Top