Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 5 Halaman 65, 66, 67, 68, 69, 71 - Blog Pendidikan

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 5 Halaman 65, 66, 67, 68, 69, 71


File Pendidikan

Kunci Jawaban Buku Pelajar Tema 3 Kelas 5 Halaman 65, 66, 67, 68, 69, 71 – Pembelajaran Tema 3 Kelas 5 Makanan Sehat Subtema 2 Pentingnya Makanan Sehat Untuk Tubuh Pembelajaran 4 Terdiri dari Mata Pembelajaran PPKn, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Bahasa Indonesia.


Buku Pelajar yang digunakan selaku sumber belajar di kelas 6 adalah sebuah Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2018.


Pada Pembelajaran 4 Subtema 2 Tema Makanan Sehat terdapat beberapa latihan soal yang mesti dikerjakan pelajar secara mandiri. Bagi menolong menemukan jawaban yang tepat berikut ini kami berbagi alternatif kunci jawaban soal yang terdapat di halaman 65, 66, 67, 68, 69, 71.


Baca Pun :




Tema 3 Kelas 5 Makanan Sehat Subtema 2 Pentingnya Makanan Sehat Untuk Tubuh Pembelajaran 4


Ayo Berdiskusi


Masih ingatkah kamu dengan gambar aktivitas pasar di atas? Ceritakan hasil pengamatanmu kepada teman sebangkumu. Menarik bagi dicermati bahwa pada kehidupan kita sehari-hari, kita dikelilingi oleh orang-orang yang mempunyai semacam itu banyak perbedaan. Akan tetapi semuanya saling bekerja sama.


Tuliskan alasan-alasan kenapa orang-orang yang mempunyai perbedaan seperti perbedaan agama, suku bangsa, usia, dan profesi dapat saling menolong dan bekerja sama?


Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 3 Halaman 65 & 66


Kamu dapat menuliskan alasanmu dan pun menanyakan kepada teman-teman yang lain mengenai alasan mereka. Tuliskan semuanya pada kotak-kotak di bawah ini.


File Pendidikan


Ayo Mengamati


File Pendidikan


File Pendidikan

Apa yang kamu lihat dari beberapa gambar di atas?


Apakah hubungan segala gambar tersebut dengan gambar peta Indonesia? Jelaskan!


Indonesia yakni negara kepulauan yang terdiri dari ribuan pulau yang tergambar di pada peta Indonesia. Dengan ribuan pulau yang dimilikinya, Indonesia mempunyai keragaman budaya dan adat istiadat yang mewarnai kehidupan sehari-harinya. Oleh karena itu, kita selaku anak bangsa seharusnya mampu saling menghargai dan menghormati perbedaan yang dimiliki dan menggunakannya selaku modal pembangunan. 


Ayo Membaca


Bangsa Indonesia mempunyai sebuah semboyan yang luar biasanya, yakni Bhinneka Tunggal Ika. Bhinneka Tunggal Ika mempunyai arti berbeda-beda tetapi tetap satu tujuan.


Bahwasanya, sekalipun di Indonesia terdapat semacam itu banyak suku, agama, ras, adat istiadat, bahasa, dan lain-lain, semuanya bersatu selaku saudara sebangsa dan setanah air.


Perbedaan dan keanekaragaman yang terdapat justru menjadi sebuah kekuatan yang di akhirnya memperkaya sifat budaya bangsa Indonesia dan lebih memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.


Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 3 Halaman 67


Apakah yang dapat kamu simpulkan dari bacaan di depan? Berikan pendapatmu!


Sekalipun di Indonesia terdapat semacam itu banyak suku, agama, ras, adat istiadat, bahasa, dan lain-lain, namun semuanya bersatu selaku saudara sebangsa dan setanah air (makna Bhineka Tunggal Ika).

Berikan contoh-contoh kegiatan yang dapat kita lakukan atau mungkin telah kamu lakukan bagi mendukung keberagaman sosial di lingkungan sekolah!


Contoh-contoh kegiatan yang dapat kita lakukan bagi mendukung keberagaman sosial di lingkungan sekolah yakni Tak memilih teman ketika mesti bekerja pada kelompok, menghormati teman yang berasal dari suku lain walaupun mungkin warna kulit dan bahasa daerahnya berbeda, menghormati teman yang sedang menjalankan kegiatan peribadatan di sekolah, mengucapkan selamat kepada teman yang sedang merayakan hari besar agamanya.

Dengan keberagaman, manusia dapat saling bekerja sama dan bahu membahu bagi memenuhi keperluan hidupnya, bagus secara ekonomi, sosial, maupun budaya.


Beragam profesi pun berkembang dan mendukung pemenuhan keperluan hidup. Bahasa Indonesia yang dipergunakan pun adalah sebuah satu contoh hal yang menjembatani perbedaan sosial budaya yang terdapat pada masyarakat Indonesia.


Amatilah gambar-gambar di bawah ini!


File Pendidikan

Kegiatan apa saja yang sedang dilakukan oleh anak-anak pada gambar tersebut?


Kegiatan yang dilakukan anak-anak pada kegiatan tersebut adalah sebuah aktivitas manusia selaku upaya pada pembangunan sosial budaya.

Apakah kamu pernah melihat kegiatan seperti itu di lingkunganmu? Coba ceritakan hasil pengamatanmu di depan kelas.


Kegiatan seperti itu biasnya dilakukan di sanggar-sanggar kesenian.

Kedua gambar di atas bercerita mengenai upaya manusia pada sebuah pembangunan sosial budaya. Bahasa Indonesia adalah sebuah contoh upaya manusia pada sebuah pembangunan sosial budaya.


Kegiatan seni yang bertujuan melestarikan budaya nusantara pun adalah sebuah sebuah upaya pembangunan sosial budaya.


Contoh lain dari pembangunan sosial budaya yakni dengan semakin terbukanya kesempatan untuk kaum wanita bagi bersekolah dan menuntut ilmu setinggi mungkin.


Masih banyak lagi contoh- contoh pembangunan sosial budaya yang terdapat di sekitar kita. Amatilah daerah sekitarmu.


Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 3 Halaman 68


Peroleh contoh-contoh upaya manusia pada pembangunan sosial. Buatlah pada wujud report pengamatan sederhana.


File Pendidikan

Simaklah percakapan antara Beni dan Siti di bawah ini!


Dayu : “Kalau kamu, apa contoh yang dapat kamu berikan mengenai pembangunan sosial budaya, Ben?”


Beni : “Menurutku, aktifitas kuliner nusantara yang sering diadakan di lingkungan sekitar kita adalah sebuah contoh pembangunan sosial budaya. Dengan begini, kita dapat melestarikan makanan khas daerah, kita pun turut memperkenalkannya kepada orang-orang lain yang berbeda kebudayaan dengan kita bagi turut mencicipi dan bersama-sama menikmati makanan khas daerah tersebut.”


Siti : “Betul sekali, Ben. Kamu tahu tak? Kegiatan kuliner nusantara yang diadakan minggu lalu itu sukses besar, lho. Semuanya berkat iklan- iklan di media cetak dan elektronik yang beredar sejak sebulan sebelumnya.”


File Pendidikan

Iklan memang mesti dibangun semenarik mungkin agar dapat menarik perhatian mereka yang melihatnya. Oleh karena itu, urgen bagi selalu berhati-hati pada penyampaiannya.


Berikut yakni kegiatan yang sebaiknya dilakukan bersama-sama dengan orang tua di rumah.


Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 3 Halaman 69


Ayo Mengamati


Amatilah dua buah iklan di televisi dan tulis kata kunci dari iklan tersebut.


Diskusikan dengan teman-temanmu keesokan harinya mengenai iklan dan kata kunci yang kamu dapatkan.


Judul Iklan 1 : Dettol

Kata Kunci Iklan :

1. Dettol sabun medis anti bakteri
2. Membunuh kuman
3. Melindungi medis keluarga


Judul Iklan 2 : Pepsodent

Kata Kunci Iklan :

1. Pepsodent action 1, 2, 3
2. Pencegah gigi berlubang
2. Medis gigi dan mulut terlindungi


Ayo Membaca


Bacalah percakapan di bawah ini secara bergantian!


Siti : “Jadi tak kita belajar bersama hari ini?” Udin : “Jadi ya, di rumahku!”


Dayu : “Asyik!”


Udin : “Admin telah menyiapkan minuman ringan, lho. Itu yang sedang banyak diiklankan akhir-akhir ini di televisi. Sejak dikala ada iklan itu, kami selalu membelinya.”


Siti : “Wah, setahuku, segala jenis minuman ringan itu tak bagus untuk medis, Din. Kadar gula dan pengawetnya tinggi. Belum lagi bahan- bahan kimiawi lainnya. Jangan terlalu sering mengonsumsi minuman ringan seperti itu.”


Udin : “Dapat jadi kamu benar, Siti, pamanku pun pernah mengatakan hal yang sama. Namun, di iklan disebutkan bahwa minuman ini mengandung banyak vitamin dan mineral. Artinya, minuman ini pun mempunyai manfaat, bukan?”


Dayu : “Tentu saja, segala iklan dimaksudkan bagi menarik hati pembelinya, Din. Akan tetapi, tak segala yang diiklankan itu memang benar adanya. Kita mesti selalu berhati-hati pada memilih apa yang akan kita konsumsi.”


Siti : “Setuju dengan Dayu. Wah, ternyata pemakaian kata-kata kunci itu benar-benar bermanfaat ya, terutama bagi menarik perhatian pendengar dan pembacanya.”


Infused water atau spa water atau pada bahasa Indonesia disebut dengan air infus sedang menjadi tren medis yang baru di luar negeri. Kini air infus pun merebak hingga di Indonesia.


Air infus ini yakni air bening yang telah diberi tambahan potongan buah atau herbal sehingga memberikan sensasi rasa air tertentu.


Air infus bermanfaat untuk medis. Secara teknis, air infus dibangun dengan memasukkan irisan buah-buahan ke pada air putih, kemudian didiamkan beberapa jam hingga sari buahnya keluar dan air akan berubah rasanya.


Namun, jangan hanya ikut-ikutan mengonsumsinya. Kenali dahulu manfaat dari bahan-bahan yang dimasukkan ke pada air pada botol tersebut.


Dengan mengenali manfaat dari bahan-bahan yang digunakan, kita dapat memperoleh lebih banyak manfaat yang sesuai dengan kebutuhuan tubuh kita.


File Pendidikan


Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 3 Halaman 71


Buatlah review sederhana mengenai percobaanmu membangun infused water.


Jawaban soal halaman 71 ini disesuaikan dengan percobaan membangun infused water yang dilakukan oleh masing-masing pelajar.


Demikianlah Artikel yang Berjudul Kunci Jawaban Buku Pelajar Tema 3 Kelas 5 Halaman 65, 66, 67, 68, 69, 71


Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga kunci jawaban tematik kelas 5 tema 3 Subtema 2 pembelajaran 4 ini dapat memberikan manfaat untuk para pembaca di manapun berada.


Artikel yang sedang kamu baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Pelajar Tema 3 Kelas 5 Halaman 65, 66, 67, 68, 69, 71 dengan domisili link http://filependidikan.info/rmasi/download-buku-kurikulum-2013-revisi-2018-2019-lengkap.



Sumber https://guzublog.blogspot.com/

Shares


Top