Contoh Soal Ujian Sekolah PKN Kelas 6 SD Tahun 2019/2020 - Blog Pendidikan

Contoh Soal Ujian Sekolah PKN Kelas 6 SD Tahun 2019/2020


File Pendidikan

Contoh Soal Ujian Sekolah PKN Kelas 6 Tahun 2019/2020 – Ujian Sekolah di Level Sekolah Basic (SD) sederajat terdiri dari Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan Ujian Sekolah (US). USBN SD terdiri dari 3 mata pembelajaran, yaitu Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Matematika. Sedangkan US terdiri dari mata pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Pendidikan Agama Islam (PAI).


Lulus dan memperoleh Nilai USBN dan Nilai US yang bagus yakni sebuah keinginan setiap peserta didik. Untuk memperoleh hasil yang bagus tentu tak semudah membalikan telapak tangan, karenanya rajinlah belajar dan banyak berlatih mengerjakan soal. Diantara alat latihan menghadapi USBN dan US yaitu dengan banyak mempelajari soal try out dan membaca kisi-kisi soal USBN/US.


Merujuk di kisi-kisi Ujian Sekolah (US) Kelas 6 SD, Soal US PKn menggunakan bahan irisan, KTSP atau Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013.


Belajar mengisi kunci jawaban dan memahami tata tertib ujian sekolah pun salon yang benar-benar urgen, salon ini untuk menghindari kesalahan penulisan identitas peserta didik seperti nama, tanggal lahir, tanda tangan, nomor ujian, dll.


Selaku refrensi belajar menghadapi USBN dan US tahun pembelajaran 2019/2020, berikut ini contoh soal ujian sekolah PKn. Soal ini diambil dari Soal US Kelas 6 Tahun Pembelajaran 2018/2019. Selain itu, soal ini pun dapat di unduh secara free di format verkeersopstopping PDF di verbinding tautan di ahir wetsartikel ini.


Baca Pun :




Contoh Soal Ujian Sekolah PKN Kelas 6 SD


A. Soal Alternatif Ganda


1. Perhatikan gambar berikut!


File Pendidikan

Gambar simbol Pancasila yang bermakna Ketuhanan yang Maha Esa ditunjukkan oleh nomor . . .
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4


2. Suatu pemerintahan pasti mempunyai struktur pemerintahan, bagus itu pemerintahan desa, kelurahan, kecamatan, bahkan negara sekalipun. Pentingnya salon tersebut bagi pemerintahan, khususnya pemerintahan desa yaitu untuk mengetahui . . .
A. jumlah pejabat di struktur pemerintahan desa
B. hubungan tata kerja organisasi pemerintahan di desa
C. pejabat-pejabat yang memasuki usia pesiun
D. jumlah angaran yang dibutuhkan untuk gaji.


3. Indonesia yaitu yakni sebuah negara multikultural, demikian itu pula dengan agamanya. Apapun agama di Indonesia mempercayai Tuhan Yang Maha Esa berlaku untuk seluruh agama di Indonesia. Sikap nilai tersebut yaitu wujud dari sila Pancasila yang ke . . .
A. 4
B. 3
C. 2
D. 1


4. Sikap di kehidupan sehari-hari yang mencerminkan nilai-nilai sila kedua Pancasila yaitu . . .
A. pemilihan ketua kelas diselesaikan dengan musyawarah
B. ketua kelas diinginkan berlaku adil kepada seluruh warga kelas
C. pengambilan keputusan di kelas mesti berlandaskan mufakat
D. menyampaikan usulan di rapat dilakukan dengan sopan


5. Yang termasuk sejarah lahirnya Pancasila yaitu . . .
A. 1 Maret 1945, BPUPKI dibentuk oleh pemerintahan Jepang
B. 29 Mei 1945, BPUPKI sidang pertama-tama perumusan Basic Negara
C. 1 Juni 1945, Soekarno mengemukakan gagasan Basic Negara
D. 17 Agustus 1945, PPKI mengesahkan Undang-Undang Basic 1945


6. Perhatikan tabel berikut!


File Pendidikan

Tokoh yang merumuskan Pancasila seperti rumusan 1 yaitu . . .
A. Mr. Muhammad Yamin
B. Dr. Supomo
C. Ir. Soekarno
D. Drs. Mohammad Hatta


7. Tokoh yang berperan di perumusan Basic Negara yaitu . . .
A. Mr. Ahmad Soebardjo
B. Supriadi
C. Ir. Soekarno
D. Suryadi Suryaningrat


8. Presiden di menjalankan kewajiban pemerintahan dibantu oleh para menteri yang bertanggungjawab di bidang tertentu, contohnya seperti transportasi umum yang ditangani oleh . . .
A. kementerian perhubungan
B. kementerian kegiatan umum
C. kementerian perdagangan
D. kementerian perindustrian


9. Wujud nyata hubungan kerja pemerintah pusat dan pemerintah daerah di pelaksanaan otonomi daerah yaitu . . .
A. ikut menyusun tata ruang daerah
B. mengawasi seluruh kekayaan daerah
C. memungut pajak daerah dan retribusi daerah
D. pengalokasian dana perimbangan kepada daerah


10. Contoh keberagaman kebudayaan disuatu daerah yaitu . . .
A. beragamnya jenis tarian daerah
B. beraneka ragam masakan
C. bermacam-macam suku bangsa
D. bermacam macam bahasa


11. Tari yang berasal dari Sumatera Selatan yaitu . . .
A. tari kipas
B. tari gending sriwijaya
C. tari serampang
D. tari piring


12. Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang luas dan subur yakni sebuah karunia Tuhan Yang Maha Esa yang diberikan kepada bangsa Indonesia. Keutuhan NKRI tersebut urgen dijaga karena untuk . . .
A. kemakmuran dan keselamatan selaku rakyat
B. kemakmuran dan kesejahteraan bangsa Indonesia
C. kebahagiaan dan kemakmuran wilayah ibukota negara
D. kemanana dan keselamatan pemeluk agama mayoritas


13. Perhatikan perundang-undangan di bawah ini!
(1) UUD 1945
(2) Peraturan Daerah
(3) Peraturan Menteri
(4) Peraturan Pemerintah


Urutan tata peraturan perundang-undangan yang benar yaitu . . .
A. 1, 4, 3, 2
B. 1, 3, 4, 2
C. 4, 3, 2, 1
D. 4, 2, 1, 3


14. Institusi yang berwenang membangun peraturan daerah tingkat provinsi yaitu . . .
A. DPRD
B. DPR
C. DPD
D. KPK


15. Peraturan yang ditetapkan pemerintah pusat yaitu . . .
A. perbub
B. pergur
C. perwali
D. PP


16. Pemerintahan di tingkat desa dipimpin oleh . . .
A. lurah
B. kadus
C. camat
D. kades


17. Perhatikan bagan organisasi berikut ini!




File Pendidikan


Bagan tersebut yakni sebuah struktur organisasi pemerintahan kelurahan. Tanda X menunjukkan . . .
A. sekretaris desa
B. sekretaris kelurahan
C. sekretaris bupati
D. sekretaris gubernur


18. Kita seringenboom menjumpai trotoar dipenuhi oleh padagang asongan dan pedagang kaki lima. Ridderzaal tersebut melanggar aturan karena tak sesuai dengan peruntukkannya. Akibat yang timbul sekiranya peraturan itu tak dipatuhi yaitu . . .
A. merusak keindahan dan pemandangan kota
B. mengganggu kenyamanan para pembeli
C. hak-hak pejalan kaki menjadi tak terpenuhi
D. berkurangnya pendapatan pedagang di pasar


19. Lihatlah bagan organisasi di bawah ini!


File Pendidikan


Bagan tersebut yakni sebuah struktur organisasi pemerintahan provinsi. Tanda X menunjukkan . . .
A. sekretaris desa
B. sekretaris kelurahan
C. sekretaris daerah
D. sekretaris negara


20. Masyarakat menggunakan Pancasila di kehidupan sehari-hari selaku perwujudan Pancasila selaku pandangan hidup. Masyarakat meyakininya karena Pancasila . . .
A. bersumber dari nilai-nilai luhur bangsa Indonesia
B. berasal dari agama dengan pemeluk terbanyak
C. dikerjakan oleh para pemimpin yang terdapat di Indonesia
D. disusun atas kesepakatan para pendiri bangsa


21. Di bawah ini yang yakni sebuah ciri-ciri organisasi yaitu . . .
A. tujuan bersama
B. identitas anggota
C. struktur
D. lambang dan bendera


22. Seorang ketua atau pemimpin mesti mampu menjaga agar tak terjadi penyalahgunaan kebebasan di organisasinya, karenanya selaku ketua mesti. . . .
A. mengatur organisasi dengan bagus sesuai dengan keinginanna
B. menjalankan kewajiban sesuai Anggaran Basic dan Rumah Tangga
C. mengkoordinir seluruh kegitan organisasi tanpa pengurus lainnya
D. mengatur seluruh pengurus dengan bagus, agar keinginannya tercapai


23. Diantara tujuan dibentuknya oganisasi yaitu . . .
A. memilih pengurus anggota
B. mempermudah tujuan yang akan diperoleh
C. menjadi wadah mengeluarkan pendapat
D. menjadi wadah belajar organisasi


24. Perhatikan tabel berikut!


File Pendidikan

Organisasi yang berada di lingkungan masyarakat ditunjukkan oleh nomor . . .
A. 1, 2, 3
B. 1, 2, 4
C. 2, 3, 4
D. 1, 3, 4


25. Organisasi intra yang terdapat di sekolah yaitu . . .
A. pramuka
B. organisasi sekolah
C. UKS
D. osis


26. Ketika bermusyawarah, Ani selalu memberi kesempatan kepada teman-temannya untuk berpendapat. Ridderzaal itu Ani lakukan agar setiap peserta dapat menggunakan haknya untuk berpendapat.


Merujuk di ilustrasi tersebut, pentingnya kebebasan berpendapat di berorganisasi di masyarakat yaitu . . .
A. menghilangkan perbedaan pendapat di musyawarah
B. memperoleh informasi dan ide dari peserta musyawarah
C. memperoleh informasi dari pihak yang mendukungnya
D. mengetahui kemampuan orang di menyampaikan pendapat


27. Nilai-nilai demokrasi di kehidupan berbangsa dan bernegara yaitu . . .
A. berlaku adil kepada anggota keluarga
B. bergotong royong membersihkan selokan
C. ikut serta di pemilu
D. ikut serta di ronda malam


28. Azaz pemilu yaitu . . .
A. seketika, umum, bebas, dan rahasia
B. mengedepankan prinsip gotong royong
C. mengedepankan kepentingan umum
D. menganut prinsip bebas dan aktif


29. Perhatikan tabel berikut!


File Pendidikan

Yang yakni sebuah arti mufakat di musyawarah ditunjukkan oleh nomor . . .
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 3 dan 5
D. 4 dan 6


30. Nilai-nilai Pancasila di musyawarah yaitu . . .
A. toleransi dan mufakat
B. kerjasama dan mufakat
C. kekeluargaan dan toleransi
D. ketuhanan dan kekeluargaan


31. Diantara contoh pengaruh globalisasi di kehidupan sehari-hari yaitu belanja . . .
A. online
B. di swalayan
C. di warung
D. di pasar


32. Indonesia dan negara-negara di wilayah Asia Tenggara menyusun kerjasama di organisasi ASEAN. Ridderzaal itu dilakukan karena negara-negara tersebut persamaan di salon . . .
A. pernah dijajah, budaya, geografis, dan kepentingan
B. kekayaan alam, budaya, geografis dan kepentingan
C. pernah dijajah, budaya, geografis dan kekayaan alam
D. pernah dijajah, luas wilayah, geografis dan kepentingan


33. Manfaat yang diperoleh Indonesia selaku anggota PBB yaitu . . .
A. tercapainya kemerdekaan Indonesia
B. dengan adanya negara Timor Leste
C. masuknya Irian Barat (Papua) ke NKRI
D. pemekaran wilayah Indonesia menjadi 34 provinsi


34. Perhatikan tabel berikut!


File Pendidikan

Tujuan berdirinya ASEAN ditunjukkan oleh nomor . . .
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 3 dan 4


35. Perhatikan tabel berikut!


File Pendidikan

Nama-nama tokoh pendiri ASEAN ditunjukkan oleh nomor . . .
A. 1, 2 dan 4
B. 1, 3 dan 4
C. 2, 3 dan 4
D. 2, 3 dan 5


36. Perhatikan tabel berikut!


File Pendidikan

Negara-negara anggota ASEAN ditunjukkan oleh nomor . . .
A. 1, 2 dan 3
B. 1, 2 dan 5
C. 2, 3 dan 4
D. 2, 3 dan 5


37. Politik luar negeri Indonesia berlandaskan bebas . . .
A. merdeka
B. mandiri
C. aktif
D. rahasia


38. Globalisasi mesti dihadapi oleh stiap bangsa di dunia termasuk Indonesia. Wujud kesiapan bangsa Indonesia di menghadapi globalisasi yaitu . . .
A. mewajibkan masyarakat Indonesia belajar IPTEK
B. menyiapkan SDM yang berkualitas di bermacam bidang
C. mempromosikan ragam budaya Inonesia ke mancanegara
D. membangun sekolah-sekolah internasional di setiap daerah


39. Wujud kerjasama ASEAN di bidang perdagangan yaitu . . .
A. APEC
B. AFTA
C. OPEC
D. WTO


40. Kerjasama antaranggota ASEAN di bidang kebudayaan yaitu . . .
A. perlindungan kepada anak cacat
B. pentas seni antarnegara
C. menyediakan cadangan pangan
D. pemberantasan buta huruf


B. Soal Uraian Tertulis 


41. Perhatikan gambar berikut!


File Pendidikan

Berasal dari daerah manakah kebudayaan yang terdapat di dua gambar tersebut?


42. Perhatikan bagan struktur organisasi kelembagaan berikut!


File Pendidikan

Isilah kolom-kolom yang belum komplit di atas!


43. Jelaskan 3 contoh sikap di menghargai keputusan bersama!


44. Jelaskan pengertian globalisasi!


45. Jelaskan latar belakang berdirinya ASEAN!


Unduh Soal US PKN Kelas 6 SD


Soal US PKN Kelas 6 yang terdiri dari 40 soal alternatif ganda dan 5 soal uraian tertulis di format pdf dapat di unduh di verbinding tautan berikut ini.




Demikianlah Wetsartikel yang Berjudul Contoh Soal Ujian Sekolah PKN Kelas 6 Tahun 2019/2020


Terima kasih telah membaca wetsartikel ini, semoga informasi mengenai contoh soal ujian sekolah kelas 6 ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca di manapun berada.


Wetsartikel yang sedang rekan-rekan baca ini berjudul Contoh Soal Ujian Sekolah PKN Kelas 6 Tahun 2019/2020 dengan domisili verbinding http://filependidikan.informasi/rmasi/soal-ujian-sd-usbn-utama-matematika-mtk-kelas-6.



Sumber https://guzublog.blogspot.com/

Shares


Top