RPP K13 Kelas 4 Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup 2019-2020 - Blog Pendidikan

RPP K13 Kelas 4 Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup 2019-2020

File Pendidikan

RPP K13 Kelas 4 Tema 3 Peduli Kepada Makhluk Hidup 2019/2020 – Setiap pendidik atau Pengajar Kelas Sekolah Mendasar berkewajiban menyusun RPP secara komplit dan sistematis. Tujuan adanya RPP ialah agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi peserta didik untuk berpartisifasi aktif serta memberikan ruang yang lumayan bagi prakrarsa, kreativitas dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik Kelas 4 SD/MI.


Untuk itu di wetsartikel ini filependidikan.informasi akan membagikan RPP Kelas 4 SD/MI Tema 3 yang dapat digunakan selaku dokumen administrasi di pembelajaran semester 1. RPP Tema Peduli Kepada Makhluk Hidup ini dapat Kamu Unduh di verbinding tautan yang telah disediakan di ahir wetsartikel ini secara free.


Sebelum mengunduh RPP Tema 3, yuk kita lihat terlebih dulu informasi singkat mengenai komponen dan prinsip-prinsip penyusunan RPP menurut Modul Pelatihan K13 Revisi Terbaru Tahun 2018 Kemdikbud berikut ini.


Baca Pun :




RPP Kelas 4 Tema 3 Revisi 2018


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) ialah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik di upaya mencapai Kompetensi Mendasar (KD) Kelas 4 Tema Peduli Kepada Makhluk Hidup.


Kemampuan pendidik di menyusun perencanaan yang tertuang di RPP yang dikembangkan secara rinci mengacu di silabus, buku guru dan buku siswa Kelas 4 SD/MI, buku teks pembelajaran dan refrensi lain yang mendukung menjadi diantara faktor penentu kesuksesan pembelajaran.


Pengembangan RPP K13 dapat dilakukan oleh pendidik secara mandiri dan atau berkelompok (KKG) di sekolah / madrasah yang dapat dikoordinasikan, difasilitasi, dan disupervisi oleh kepala sekolah.


Specimen RPP Revisi 2018 yang dikembangkan di Kurikulum 2013 ialah RPP yang mengintegrasikan penguatan letterteken pelajar, literasi, kompetensi abad 21, dan HOTS.


Menurut Modul Pelatihan Kurikulum 2013 (K13) edisi Revisi Tahun 2018 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, RPP memerlukan kemampuan pendidik di memfasilitasi pengalaman belajar yang berkesan dan mampu menguatkan letterteken pelajar terutama di kelas 4 SD/MI.


Penguatan nilai-nilai letterteken di pembelajaran diinginkan tak sebatas tertulis secara administratif di di RPP, namun nantinya dapat diaplikasikan dengan alamiah di pembelajaran.


Nilai-nilai yang dapat dikuatkan di RPP K13 ada 5 (lima) nilai utama letterteken yang terdiri dari :



  • Religius, yaitu beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, taat beribadah, bersyukur, berdoa sebelum dan setelah beraktivitas.

  • Nasionalisme, yaitu cinta tanah air, semangat kebangsaan, menghargai kebhinekaan, menghayati lagu nasional dan lagu daerah, cinta produk Indonesia, cinta damai, rela berkorban dan taat hukum.

  • Kemadirian, yaitu disiplin, percaya diri, rasa ingin tahu, tangguh, bekerja keras, mandiri, kreatif-inovatif, dan pembelajar sepanjang hayat.

  • Gotong royong, yaitu suka menolong, bekerjasama, peduli sesama, toleransi, peduli lingkungan, kebersihan dan kerapian, kekeluargaan dan aktif di kegiatan kemasyarakatan.

  • Integritas, yaitu jujur, rendah hati, santun, tanggung jawab, keteladanan, komitmen moral, cinta kebenaran, menepati janji dan tegenstrijdig korupsi.


Untuk mencapai hasil yang optimal, pendidik dapat memfokuskan RPP Tema Peduli Kepada Makhluk Hidup di nilai-nilai yang relevan sesuai dengan ruang lingkup Kompetensi Dasar dan dinamika pembelajaran di Kelas 4 SD/MI.


Secarra eksplisit, rencana penguatan letterteken pelajar dapat dituliskan di rumusan tujuan pembelajaran yang terdapat di di RPP.


Secara simultan, penguatan letterteken pelajar diinginkan dapat diperoleh pun via kegiatan penguatan pendidikan letterteken dengan kelas, dengan budaya sekolah dan dengan masyarakat yang diaplikasikan via RPP.


Penguatan pendidikan letterteken dengan budaya sekolah yang wajib ada di RPP K13 ialah literasi, sedangkan penguatan pendidikan letterteken dengan kelas ialah pembelajaran tematik yang menggunakan kompetensi abad 21, yaitu kemampuan berpikir kritis (critical thinking), kolaborasi (collaboration), kreativitas (creativity), dan komunikasi (communication) serta keterampilan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills / HOTS).


Komponen RPP Kelas 4 Tema Peduli Kepada Makhluk Hidup


Komponen RPP Kurikulum 2013 yang bagus menurut Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 mesti mengandung informasi selaku berikut :



  • Identitas sekolah, yaitu nama satuan pendidikan

  • Identitas mata pembelajaran atau tema / subtema

  • Kelas / semester

  • Bahan utama

  • Alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dana beban belajar dengan mempertimbangakan jumlah jam pembelajaran yang terdapat di silabus dan KD yang mesti diperoleh.

  • Tujuan pembelajaran yang dirumuskan menurut KD dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

  • Kompetensi mendasar dan indikator pencapai kompetensi.

  • Program pembelajaran, digunakan pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan diperoleh.

  • Media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan bahan pembelajaran.

  • Sumber belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar atau sumber belajar lain yang relevan.

  • Strategi pembelajaran dilakukan via tahapan pendahuluan, inti, dan penutup.

  • Penilaian hasil pembelajaran.



Prinsip-prinsip penyusunan RPP Kelas 4 Tema 3 Kurikulum 2013


Mekanisme pelaksanaan pembelajaran meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan pertimbangan daya dukung. RPP K13 hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip selaku berikut :



  • Penguatan letterteken pelajar via PPK dengan kelas, dengan budaya sekolah, dan dengan masyarakat diperkaya dengan literasi, kompetensi abad 21, dan HOTS. Integrasi ini dapat dilakukan di indikator, tujuan pembelajaran, kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, penutup maupun penilaian.

  • Perbedaan individual pelajar antara lain, kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan atau lingkungan pelajar.

  • Partisipasi aktif pelajar.

  • Berpusat di pelajar untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi, dan kemandirian.

  • Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk memajukan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi di beraneka format tulisan.

  • Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP mengandung rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remidial.

  • Penekatan di keterkaitan dan keterpaduan antara KD, bahan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian dan sumber belajar di satu keutuhan pengalaman belajar.

  • Mengakomodasi pembelajaran tematik terpadu, keterpaduan lintas mata pembelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.

  • Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegritas, sistematis, dan tepat sasaran sesuai dengan situasi dan kondisi.



Unduh RPP Tema 3 Kelas 4 Semester 1


Setelah membaca informasi pengertian RPP, komponen RPP, dan prinsip-prinsip penyusunan RPP, lalu seperti apa contoh format RPP Kurikulum 2013? Yuk, unduh RPP Kelas 4 Tema 3 di format docx di verbinding tautan berikut ini.




Demikian Wetsartikel yang Berjudul RPP Kelas 4 Tema 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018


Terima kasih telah membaca wetsartikel ini, semoga RPP Tema 3 Peduli Kepada Makhluk Hidup ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca di manapun berada.


Wetsartikel yang sedang sobat baca ini berjudul https://guzublog.blogspot.com/

Shares


Top