Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 96, 100, 101 - Blog Pendidikan

Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 96, 100, 101

File Pendidikan

Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 96, 100, 101 – Kunci Jawaban Buku Tematik Pelajar Tema 9 Kelas 5 Benda-Benda di Sekitar Kita Subtema 2 Benda di Kegiatan Ekonomi Pembelajaran 4. Jawaban Soal Halaman 96 Mengenai Iklan Politik, Pendidikan dan Kecantikan. Jawaban Soal Buku Pelajar Tema 9 Halaman 100 Mengenai Usaha di Bidang Ekonomi dan Membangun Kliping Jenis-Jenis Usaha Perseorangan dan Kelompok. Berikutnya Kunci Jawaban Soal Buku Tema 9 Halaman 101 Mengenai Tabel Jenis Usaha Perseorangan dan Kelompok.


Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 ini pun dilengkapi dengan bahan pembelajaran dan gambar-gambar menarik yang dipelajari di tema 9 subtema 2 pembelajaran 4. Berikut ini kunci jawaban tematik kelas 5 SD/MI semester 2.


Kunci Jawaban Buku Kelas 5 Tema 9 Halaman 96, 100, 101


Sepulang sekolah Udin hendak beristirahat. Udin mendengarkan radio sambil tiduran. Kegiatan yang Udin dengarkan, yaitu lagu-lagu daerah. Banyak selingan iklan selaku jeda lagu. Diantara iklan yang didengar Udin yakni iklan pengobatan alternatif.


Iklan pengobatan alternatif ialah jenis iklan medis. Masih banyak jenis iklan yang dipaparkan via radio. Pun via televisi dan internet.


Tak lama kemudian Udin tidur. Udin lupa mematikan radionya. Bangun tidur Udin seketika mematikan radionya. Udin beranjak dari tempat tidurnya menuju kamar mandi untuk mencuci muka. Setelah mencuci muka, Udin bergabung dengan ibu, ayah, dan adik di ruang keluarga menonton televisi. Seperti radio yang didengarkan Udin, di televisi pun ada jeda iklannya. Iklan via radio dan televisi disebut iklan elektronik. Media elektronik lainnya yang dapat digunakan untuk menayangkan iklan yakni internet.


Isi iklan elektronik benar-benar beragam. Oleh karena itu ada banyak jenis iklan elektronik dilihat dari segi isinya. Ayo mengamati iklan elektronik untuk mengidentifikasi jenis iklan merujuk di isinya.


Ayo Mengamati


Perhatikan iklan televisi yang dilihat Udin dan keluarganya! Perhatikan iklan dari segi isinya.


1. Iklan di televisi menayangkan gambar partai-partai politik di Pemilu 2014. Iklan tersebut,  untuk  mengenalkan kepada khalayak mengenai partai-partai politik peserta  Pemilu  tahun  2014.


Via iklan tersebut masyarakat dapat mengetahui partai-partai politik yang akan mereka pilih sesuai hati nuraninya tanpa adanya paksaan dari pihak mana pun. Iklan di gambar termasuk jenis iklan politik.


File Pendidikan

2. Iklan ini berisi mengenai ajakan kepada khalayak untuk membeli program pendidikan anak berbahasa Indonesia. Iklan ini ditayangkan via internet. Merujuk di isinya, iklan ini termasuk iklan pendidikan.


File Pendidikan

3. Iklan ini ditayangkan via televisi. Kamu tentu seringenboom melihat iklan ini. Iklan ini berisi ajakan kepada khalayak menggunakan sampo. Di gambar iklan di bawah, dengan menggunakan sampo, rambut akan menjadi bersih, kuat, dan lebat. Dilihat dari isinya iklan sampo ini termasuk jenis iklan kecantikan.


File Pendidikan

Seperti begitulah tiga jenis iklan dilihat dari isinya. Masih bayak jenis iklan lainnya merujuk di isinya. Apa sajakah itu?


Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Benda-Benda di Sekitar Kita Halaman 96


Ayo Berlatih


Kamu telah mengetahui beberapa jenis iklan elektronik dilihat dari isinya. Ada iklan politik, pendidikan, dan kecantikan. Masih banyak jenis iklan elektronik lainnya dilihat dari isinya.


Coba kamu identifikasi jenis-jenis iklan elektronik dilihat dari isinya. Tuliskan hasil identifikasimu di lembar guna.


Sertakan gambar iklannya. Setiap anak minimal menyusun dua contoh iklan dari satu jenis iklan. Misalnya dua iklan mengenai pendidikan atau dua iklan mengenai kecantikan.


File Pendidikan


File Pendidikan


File Pendidikan

Keluarga Udin hidup rukun. Mereka selalu menyempatkan berkumpul di ruang keluarga. Keluarga Udin pun membiasakan beribadah bersama.


File Pendidikan

Keluarga Udin tak hanya rukun dengan anggota keluarga. Keluarga Udin pun rukun dengan tetangganya. Ketika tetangganya mengalami musibah seperti kematian, keluarga Udin memberikan bantuan dengan ikhlas.


File Pendidikan

Di Satu minggu, keluarga Udin mengerjakan olahraga bersama sebanyak tiga kalium. Olahraga dilakukan pagi hari sebelum persiapan bekerja dan sekolah. Olahraga yang lazimnya dilakukan keluarga Udin yakni senam pagi. Sebelum pelaksanaan senam, Udin dan Ayah bekerja sama mempersiapkan radio kaset dan kasetnya untuk mengiringi senam. Ibu menyiapkan air mineral untuk minum dikala istirahat.


File Pendidikan

Selesai senam semua anggota keluarga Udin mengerjakan aktivitas masing- masing. Udin dan adiknya persiapan ke sekolah. Ayah bersiap ke kantor, dan ibu bersiap membuka toko kelontongnya.


Toko kelontong milik ibu Udin dikelola keluarga sendiri. Inilah toko kelontong yang dikelola ibu Udin.


File Pendidikan

Selain sibuk mengurus toko kelontongnya, Ibu Udin menjadi diantara pengurus koperasi. Koperasi yang dijalankan yakni koperasi simpan pinjam. Anggota koperasi tersebut yakni warga kampung tempat tinggal Udin. Koperasi termasuk jenis usaha yang dikelola bersama. Untuk lebih jelasnya simak beberapa jenis usaha yang dikelola sendiri dan dikelola kelompok seperti berikut.


Ayo Membaca


Usaha Ekonomi yang Dikelola Sendiri dan Kelompok


Merujuk di pengelolanya, usaha ekonomi dapat dibedakan menjadi dua. Pertama-tama-tama, usaha ekonomi yang dikelola sendiri. Kedua yakni usaha ekonomi yang dikelola kelompok. Berikut contoh usaha-usaha ekonomi yang dikelola sendiri dan kelompok.


1. Usaha Ekonomi yang dikelola sendiri


Usaha ekonomi yang dikelola sendiri atau perseorangan biasanya modalnya terbatas. contoh usaha ekonomi yang dikelola sendiri atau perorangan selaku berikut.


a. Usaha pertanian
Seorang petani kebanyakan mengelola usaha pertanian secara perseorangan dengan modal terbatas. Meskipun demikian, ada pun usaha pertanian yang dilakukan secara besar-besaran. Namun, hanya beberapa orang saja yang dapat melakukannya.


b. Industri kecil
Industri kecil biasanya berupa industri rumah tangga. Industri kecil biasanya dikelola secara perseorangan. contoh industri kecil seperti usaha kerajinan (mebel meja, kursi, dan lemari), industri keramik, kerajinan anyaman, dan tembikar.


c. Usaha perdagangan
Usaha perdagangan yang dikelola secara perseorangan biasanya perdagangan di jumlah kecil hingga menengah. contohnya usaha membuka toko kecil seperti toko kelontong milik ibu Udin. contoh lainnya seperti membuka warung, penjaja keliling, pedagang kaki lima, pedagang di lapak-lapak pasar, dan pedagang hasil bumi.


d. Usaha jasa
Banyak usaha jasa yang dikelola secara perorangan. contoh usaha jasa yang dikelola perorangan antara lain usaha salon, bengkel, image kopi, tukang cukur, dan tukang pijit.


2. Usaha ekonomi yang dikelola kelompok


Usaha ekonomi yang dikelola secara berkelompok yakni usaha yang dijalankan secara bersama-sama, bagus di vishal modal, pengelolaan, maupun di vishal bagi hasil. contoh usaha ekonomi yang dikelola secara bersama-sama, antara lain firma, cV, PT, BUMN, Perusahaan Daerah, dan Koperasi.


a. firma
firma yakni perusahaan yang didirikan oleh sedikitnya dua orang. Biasanya pendiri firma yakni orang-orang yang telah saling kenal. Setiap anggota firma mempunyai hiel untuk bertindak atas nama firma. Risiko tindakan anggota firma ditanggung bersama.


b. CV (Commanditaire Vennotschaap/Persekutuan Komanditer)
CV  yakni  perusahaan  yang  didirikan  oleh  satu  orang pengusaha atau lebih. Modal CV berasal dari pengusaha itu dan dari beberapa penanam modal. Pengusaha menjadi pimpinan perusahaan dan bertanggung jawab atas kelangsungan hidup perusahaan.


Para penanam modal mempercayakan pengelolaan CV kepada pengusaha. Sebuah perusahaan yang berbentuk CV dapat dikembangkan dari firma. Vishal ini terjadi bila sebuah firma ingin memajukan usaha dan membutuhkan tambahan modal.


c. PT (Perseroan Terbatas)
PT yakni perusahaan yang modalnya diperoleh dari penjualan saham. Saham yakni surat berharga selaku tanda keikutsertaan menanamkan modal di perusahaan.


d. BUMN (Badan Usaha Milik Negara)
BUMN atau Perusahaan Negara yakni perusahaan yang seluruh modalnya dimiliki oleh negara. Ada tiga wujud perusahaan negara, yaitu Perusahaan Jawatan (Perjan), Perusahaan Umum (Perum), dan Perusahaan Perseroan (Persero).


e. Perusahaan Daerah
Perusahaan daerah yakni perusahaan yang modalnya dimiliki oleh Pemerintah Daerah. Tujuan pendirian perusahaan daerah antara lain turut menjalankan pembangunan ekonomi daerah dan pembangunan ekonomi nasional. Selain itu, perusahaan daerah pun bertujuan untuk memenuhi kebutuhan rakyat dan menyediakan lapangan kerja di rangka menuju masyarakat adil dan makmur.


3. Koperasi
Koperasi yakni usaha bersama di bidang ekonomi. Kerja sama di koperasi merujuk di prinsip saling membutuhkan dan kesamaan kebutuhan anggotanya. Di Indonesia ada lima wujud koperasi, yaitu Koperasi Konsumsi, Koperasi Simpan Pinjam, Koperasi Produksi, Koperasi Jasa, dan Koperasi Serba Usaha.


Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 9 Halaman 100


Ayo Berdiskusi


Banyak orang mengerjakan usaha di bidang ekonomi untuk memenuhi seluruh kebutuhan hidupnya. Apa yang akan terjadi bila orang malas tak mau berusaha? coba diskusikan bersama teman kelompokmu. Kemudian, tuliskan hasil diskusi di kolom berikut.


Report Hasil Diskusi
Jikalau orang malas tak mau berusaha karenanya kesejahteraan hidupnya sulit tercapai. Ketika kesejahteraan hidup sulit tercapai, karenanya akan timbul permasalahan-permasalahan sosial seperti pengangguran. Ketika pengangguran meningkat, karenanya akan menimbulkan kerawanan di masyarakat, di mana tingkat kriminalitas di masyarakata akan meningkat. Ketika kriminalitas meningkat, karenanya kehidupan aman, nyaman dan damai akan sulit tercapai. Akan gampang terjadi konflik di masyarakat. Tingkat persatuan dan kesatuan di masyarakat pun rendah, yang di akhirnya mengancam keutuhan persatuan dan kesatuan bangsa.

Ayo Berkreasi


Kamu telah memahami beragam wujud usaha merujuk di pengelolanya. Ada usaha yang dikelola sendiri dan ada usaha yang dikelola kelompok. Kini ini buatlah kliping berkelompok mengenai jenis-jenis usaha yang dikelola sendiri dan usaha yang dikelola kelompok dengan strategi berikut.


1. Cari informasi mengenai jenis-jenis usaha perseorangan dan kelompok, bagus informasi bergambar maupun tak bergambar dari bermacam-macam media cetak.


2. Gunting informasi yang kamu peroleh. Gunting pula sumbernya.


3. Kumpulkan hasil guntinganmu dan tempelkan di lembaran kertas folio.


4. Pisahkan antara jenis-jenis usaha perseorangan dengan jenis-jenis usaha kelompok.


5. Bendel vanaf kelompok hingga menjadi sebuah kliping.


6. Berilah judul kliping “Jenis-Jenis Usaha Perseorangan dan Kelompok”.


7. Tulis nama-nama anggota kelompokmu.


8. Kumpulkan hasilnya kepada Bapak/Ibu Pendidik untuk dinilai.


File Pendidikan


File Pendidikan


Kunci Jawaban Buku Paket Tema 9 Kelas 5 Halaman 101


9. Merujuk di kliping yang kamu bikin bersama kelompokmu, isilah jenis usaha perseorangan dan kelompok di kolom berikut.



File Pendidikan

Demikian Kunci Jawaban Buku Pelajar Tema 9 Benda-Benda di Sekitar Kita Kelas 5 Halaman 96, 100, 101. Semoga Kunci Jawaban Tematik Kelas 5 Kurikulum 2013 ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca di manapun berada.




Sumber https://guzublog.blogspot.com/

Shares


Top