Strategi Literasi dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar - Blog Pendidikan

Strategi Literasi dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar

– Strategi Literasi pada Pembelajaran di Sekolah Mendasar (Modul Bahan Penyegaran Instruktur Kurikulum 2013). Literasi tak terpisahkan dari dunia pendidikan. Literasi menjadi alat peserta didik pada mengenal, memahami, dan memakai ilmu yang didapatkannya di bangku sekolah. Literasi pun terkait dengan kehidupan peserta didik, bagus di rumah maupun di lingkungan sekitarnya bagi menumbuhkan budi pekerti mulia.


Implementasi penumbuhan budaya literasi di sekolah memerlukan strategi: persiapan, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi, dan tindak lanjut. Persiapan adalah sebuah kegiatan menyiapkan bahan, personal, dan strategi pelaksanaan. Penumbuhan literasi di sekolah dapat dilakukan lewat kegiatan rutin dan kegiatan insidental. Kegiatan tersebut dilakukan pada tiga tahapan literasi yaitu tahap pembiasaan, pengembangan dan pembelajaran.


File Pendidikan

Tujuan penyusunan bahan penyegaran ini yaitu bagi:
1. Memberikan inspirasi kepada peserta pelatihan bagi memanfaatkan beragam sumber belajar,  termasuk buku-teks-pelajaran dan buku-nonteks-pelajaran pada  pembelajaran.
2. Memandu peserta pelatihan menggunakan strategi literasi pada pembelajaran guna meningkatkan pemahaman pelajar kepada bacaan,  kemampuan berpikir pelajar, dan kecakapan komunikasi pelajar.




Strategi literasi yaitu strategi bagi memahami teks lewat kegiatan:



  • Menghubungkan teks dengan pengetahuan, pengalaman atau teks yang lain.

  • Membangun inferensi atau prediksi mengenai teks.

  • Merumuskan pertanyaan.

  • Memvisualisasikan pemahaman mengenai teks.

  • Mengidentifikasi ide urgen/utama dan pendukung.

  • Mengkomunikasikan pemahaman kepada teks.


Segala kegiatan ini dilakukan sebelum, dalam kurun waktu, dan setelah membaca sebuah teks.


Di tahun pembelajaran 2019/2020 ini kita terapkan Strategi Literasi pada Pembelajaran di Sekolah Mendasar (SD) / Madrasah Ibtidaiyah (MI) semakin bagus lagi agar peserta didik menjdi lebih gemar membaca. Bagi mengetahui Strategi Literasi pada Pembelajaran di SD/MI silahkan sahabat mengunduh Buku Strategi Literasi pada Pembelajaran di Sekolah Mendasar lewat link di bawah ini:


Strategi Literasi pada Pembelajaran di SD.pdf, Unduh


Demikianlah Strategi Literasi pada Pembelajaran di Sekolah Mendasar yang dapat saya berbagi, smeoga bermanfaat.




Sumber https://www.websiteedukasi.com/



Sumber https://guzublog.blogspot.com/

Shares


Top