Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 5 Halaman 74, 75, 76, 77 - Blog Pendidikan

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 5 Halaman 74, 75, 76, 77


File Pendidikan

Kunci Jawaban Buku Pelajar Tema 3 Kelas 5 Halaman 74, 75, 76, 77 – Pembelajaran Tema 3 Kelas 5 Makanan Sehat Subtema 2 Pentingnya Makanan Sehat Untuk Tubuh Pembelajaran 5 Terdiri dari Mata Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), SBDP dan Bahasa Indonesia.


Buku Pelajar yang digunakan selaku sumber belajar di kelas 6 adalah Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2018.


Pada Pembelajaran 5 Subtema 2 Tema Makanan Sehat  terdapat beberapa latihan soal yang mesti dikerjakan pelajar secara mandiri. Bagi menolong menemukan jawaban yang tepat berikut ini kami berbagi alternatif kunci jawaban soal yang terdapat di halaman 74, 75, 76, 77.


Baca Pun :




Tema 3 Kelas 5 Makanan Sehat Subtema 2 Pentingnya Makanan Sehat Untuk Tubuh Pembelajaran 5


Ayo Membaca


Bacalah teks bacaan di bawah ini dengan cermat! Garis bawahi informasi urgen yang kamu peroleh!


Pentingnya Makanan Sehat


Usia anak antara 2 hingga 12 tahun adalah usia pertumbuhan. Karenanya urgen untuk anak-anak di usia ini bagi mengonsumsi makanan yang bagus dan bergizi. Makanan yang disajikan hendaknya menyediakan protein, kalsium, zat besi, dan vitamin bagi perkembangan dan pertumbuhannya.


Makanan antara lain bermanfaat selaku sumber tenaga, pelindung tubuh kepada penyakit, sumber pembangun pertumbuhan dan perbaikan tubuh. Makanan pun bersifat mengganti sel-sel tubuh yang rusak atau tua, dan selaku pelindung organ-organ urgen.


Akan tetapi, makanan yang sehat saja tidaklah lumayan. Agar tubuh tetap sehat kita perlu berolahraga secara lumayan dan teratur. Berat badan dapat dikontrol via olahraga sehingga kita dapat terhindar dari obesitas. Olahraga pun dapat mencegah penyakit jantung dan darah tinggi, serta meningkatkan memori.Dengan berolaharaga jantung dan paru-paru bekerja secara efisien sehingga tenaga yang diraih menjadi semakin besar dan siap bagi kita pergunakan bagi berbagi aktivitas.


Bagi hidup sehat, bukan hanya makanan sehat dan olahraga yang dibutuhkan. Lingkungan yang sehat pun dibutuhkan. Bayangkan sekiranya lingkungan tempat kita tinggal kotor dan menjadi sarang nyamuk. Pastilah kita pun akan merugi. Medis adalah hal yang betul-betul berharga dan semuanya dapat diperoleh dengan cara yang lumayan sederhana, yaitu menjaga medis lingkungan.


Pemerintah kemudian menggunakan media elektronik bagi menyadarkan masyarakat mengenai pentingnya menjaga lingkungan, terutama dari bahaya demam berdarah. Berikut yaitu sebuah naskah iklan mengenai pencegahan demam berdarah. Mintalah beberapa temanmu bagi memeragakannya di depan kelas.


Ayo Bermain Peran


Peragakan naskah iklan elektronik di bawah ini!


Iklan Elektronik Demam Berdarah


Pak RT : “Bapak-bapak dan ibu-ibu sekalian, perkenankan saya menyampaikan maksud pertemuan kita kali ini. Tepat di hari Sabtu nanti, saya mengharapkan bantuan bapak dan ibu bagi secara serentak mengerjakan langkah 3M Plus di lingkungan rumah kita masing-masing.”


Ibu : “Apa, Pak, 3M Plus itu? Kenapa kita mesti melakukannya?” (Para ibu kemudian berbisik-bisik dan suasananya menjadi agak riuh)


Pak RT : “Ahir-akhir ini di lingkungan sekitar kita sedang banyak warga yang terkena demam berdarah, Bu. Bulan lalu saja saya mencatat ada tiga orang yang terkena. Penyebabnya yaitu nyamuk dan nyamuk itu menyukai tempat yang kotor. Oleh karenanya diperlukan langkah 3M Plus bagi mengatasinya. Langkah 3M pastinya yaitu menguras, menutup, dan mengubur potensi sarang nyamuk. Ditambahkan Plus karena diperlukan upaya dari kita secara pribadi bagi mengatasinya seperti memakai lotion anti nyamuk, kelambu di tempat tidur, menggunakan obat penyemprot nyamuk bagus yang alami atau buatan, dan lain-lain.”


Ibu : “Oh, semacam itu, Pak RT. Kami siap, Pak!


Bapak: “Bagus, pak, akan segera kami laksanakan. Para ibu menolong dengan cara menyediakan makanan ringan saja, ya? Hahahaha.” (Segala orang tertawa).


Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 5 Halaman 74


Tentukan kata-kata kunci yang terdapat pada iklan di atas.


1. Langkah 3M Plus 
2. Penyebab demam berdarah

Buatlah sebuah iklan elektronik seperti contoh di atas dengan tema upaya menjaga medis. Lakukan secara berkelompok. Tentukan kata-kata kunci dari iklan tersebut. Tampilkan di depan kelas dan mintalah teman-teman bagi secara interaktif menentukan kata kunci dari iklan yang kamu bikin.



Iklan Elektronik Obat Sakit Perut PSP (Pil Sakit Perut)


Laki-laki 1 : “Aduh!” (meringis sambil memegangi perutnya) 

Perempuan 1 : “Makan yang tak benar, membangun perut jadi tak enak!”

Laki-laki 2 : “Tak bawa PSP, ya?” (tersenyum sambil memegang obat PSP)

Narator : “Bagi gangguan perut karena bakteri, makanan pedas, asam, dan gas, segera atasi dengan minum PSP pada satu sachet pil-pil kecil alami. Atasi penyebab sakit perut hingga ke pelosok.”

Laki-laki 1 : “Minta obatnya!”

Laki-laki 2 : “Minta? Beli!” (sambil tertawa)

Narator : “Perut tak enak, pilih yang benar! PSP.”


Siang hari itu Lani dan Udin berbincang-bincang mengenai fungsi membangun iklan layanan masyarakat mengenai upaya menjaga medis. Merekapun teringat dengan pembelajaran mengenai gangguan di organ pencernaan.


Simaklah percakapan mereka!


File Pendidikan

Program pencernaan adalah bagian vital yang perlu dipelihara agar berfungsi maksimal karena tubuh kita memperoleh nutrisi via aplikasi pencernaan. Bila aplikasi pencernaan kita bagus, karenanya penyerapan nutrisi akan maksimal sehingga tubuh menjadi lebih sehat dan kuat.


Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 5 Halaman 75


Lengkapi peta pikiran di bawah ini mengenai penyebab gangguan di aplikasi pencernaan!


File Pendidikan

Ada beberapa penyebab gangguan aplikasi pencernaan yang disebabkan oleh beberapa penyebab di atas. Kita telah membahas mengenai beberapa gangguan. Coba kita membahas kembali mengenai beberapa gangguan aplikasi pencernaan tersebut (ulas mengenai definisi, gejala, cara pencegahan, dan penyembuhannya).


Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 5 Halaman 76



MAG


Orang yang mengalami mag mempunyai ciri-ciri rasa perih di dinding lambung, mual, muntah, dan perut kembung. Gangguan ini disebabkan meningkatnya kadar asam lambung yang dipicu karena pikiran tegang, pola makan yang tak teratur, dan lain sebagainya.




KOLERA


Kolera yaitu penyakit infeksi akut yang disebabkan karena mengonsumsi makanan atau minuman yang telah terkontaminasi dengan bakteri. Gejala dan tanda kolera yaitu diare yang biasanya disertai dengan bintik-bintik putih disertai muntah dan tekanan darah menurun.




DIARE



Diare dapat terjadi karena adanya iritasi di selaput dinding usus besar atau kolon. Fases penderita diare berbentuk encer. Penyebabnya yaitu penderita memakan makanan yang mengandung bakteri atau kuman. Akibatnya gerakan peristaltik pada usus tak terkontrol sehingga laju makanan meningkat dan usus tak dapat menyerap air. Namun, apabila feses yang dikeluarkan bercampur dengan darah dan nanah, kemudian perut terasa mulas, karenanya gejala tersebut dapat menjadi pertanda penyakit desentri.


Bagaimana mengenai konstipasi? Konstipasi adalah suatu keadaan yang menyebabkan usus besar menyerap air secara berlebih sehingga feses menjadi keras. Buatlah poster iklan masyarakat mengenai konstipasi.


Bagi mempersiapkan poster iklan ini, bentuklah kelompok yang terdiri atas empat pelajar. Poster mesti meliputi


Judul : ditulis dengan rapi, menarik, dan lumayan besar bagi dibaca dari jarak 3 meter


Isi : terdiri atas keterangan umum, penyebab, cara pencegahan, dan penyembuhannya yang ditulis secara rapi sehingga gampang dibaca dari jarak 1 meter


Grafik : grafik mesti asli atau digambar sendiri, berwarna, jelas, rapih, dan mampu dilihat dari jarak 2 meter.


Hiasan : poster iklan dirancang sedemikian rupa sehingga menarik perhatian dan tak menutup atau mendominasi teks informasi maupun grafik.


Jangan lupa membubuhkan nama-nama anggota kelompokmu. Tulislah minimal 2 kalimat refleksi per pelajar mengenai proyek ini.


Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 5 Halaman 77


File Pendidikan


Selain sehat secara jasmani, urgen untuk kita bagi sehat secara rohani. Medis rohani dapat diperoleh via upaya mendekatkan diri kepada Tuhan, berekreasi, hingga kepada mengekspresikan diri ke pada seni. Seni tari adalah diantara cara bagi mengekspresikan diri.


Ayo Membaca


Bacalah teks bacaan mengenai Tari Kancet Papatai di bawah ini!


Tari Kancet Papatai


Tari Kancet Papatai yaitu sebuah tarian perang dari Kalimantan Timur. Gerakannya lumayan sederhana dan didominasi oleh banyak gerakan melompat kecil.


File Pendidikan

Melompat-lompat kecil sambil berputar dengan tangan yang satu seakan memegang pedang dan yang satunya lagi seakan memegang tameng.


Berjalan ke depan dan ke belakang dengan satu tangan menghunuskan pedang, kemudian kedua tangan bertemu.


Kedua kaki dilebarkan dan kedua tangan membuka dan menutup.


Kedua kaki berjingkat, melompat kecil, seraya kedua tangan secara bergantian berputar.


Peragakan gerakan Tarian Kancet Papatai seperti yang diterangkan di teks bacaan bersama dengan temanmu. Perhatikan gerakan kaki, tangan, dan pola langkah.


Demikianlah Artikel yang Berjudul Kunci Jawaban Buku Pelajar Tema 3 Kelas 5 Halaman 74, 75, 76, 77


Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga kunci jawaban tematik kelas 5 tema 3 Subtema 2 pembelajaran 5 ini dapat memberikan manfaat untuk para pembaca di manapun berada.


Artikel yang sedang kamu baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Pelajar Tema 3 Kelas 5 Halaman 74, 75, 76, 77 dengan domisili link http://filependidikan.info/rmasi/download-buku-kurikulum-2013-revisi-2018-2019-lengkap.




Sumber https://guzublog.blogspot.com/

Shares


Top