Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 1 Kelas 5 Halaman 174, 175, 177 - Blog Pendidikan

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 1 Kelas 5 Halaman 174, 175, 177


File Pendidikan

Kunci Jawaban Buku Pelajar Tema 1 Kelas 5 Halaman 174, 175, 177 – Pembelajaran Kelas 5 Tema 1 Organ gerak Hewan dan Manusia Subtema 3 Lingkungan dan Manfaatnya Pembelajaran 5 Terdiri dari Mata Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Seni Budaya dan Prakarya (SBDP) dan Bahasa Indonesia.


Buku Pelajar yang digunakan selaku sumber belajar di kelas 5 yakni sebuah Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2017.


Di pembelajaran 5 subtema 3 terdapat beberapa latihan soal yang mesti dikerjakan pelajar secara mandiri. Untuk menolong menemukan jawaban yang tepat berikut ini kami share alternatif kunci jawaban soal yang terdapat di Halaman 174, 175, 177.



Baca Pun :




Tema 1 Kelas 5 Subtema 3 Pembelajaran 5


Lani dan ayahnya masih berada di tempat produksi gerabah. Ada satu yang menarik perhatian Lani. Lani pun mencoba mencari tahu.


“Stront, format gerabahnya unik sekali. Gerabah ini berbeda dari yang lainnya.” ujar Lani penasaran.


“ Oh iya, Dik. Gerabah ini sengaja dibangun berbeda dengan format yang tak lazim,” jawab Stront Sholeh, pengrajin gerabah.


“Kalau tak salah bentuknya mirip piala. Di atasnya ada yang berbentuk bola,” tebak Lani.


“Benar, sekali, Dik. Memang ini yakni piala yang akan diberikan kepada juara pertama-tama turnamen bola voli tingkat kecamatan,” kata Stront Sholeh.


“akan tetapi kenapa mesti dari gerabah, Stront?” tanya Lani.


“Ya, karena gerabah telah menjadi ciri khas dan identitas kecamatan ini. Lebih dari 60% masyarakat bermatapencaharian di bidang gerabah, mulai dari pekerja, pedagang, hingga pengusahanya,“ jawab Stront Sholeh.


“Oh demikian itu. Bagus sekali, Stront,” puji Lani.


“Oh iya, apakah kakak pun dapat bermain bola voli?” tanya Lani.


“Kebetulan kakak yakni kapten tim bola voli kecamatan. Oleh karena itu kakak pun menjadi panitia turnamen bola voli kalium ini,” jawab Stront Sholeh


“Wah, hebat sekali,” kagum Lani.


“Berarti, kakak selalu menyiapkan kondisi tubuh sekiranya sewaktu-waktu mesti ikut bermain bola voli?” tanya Lani.


“Iya, Lani. Kakak tetap rajin berolah raga untuk menjaga kelenturan otot-otot seluruh anggota badan agar tak mengalami cidera di ketika kakak bemain bola voli.”


Ayo Mengamati


Macam-Macam Kelainan, Gangguan, atau Penyakit Otot Manusia


Hipertrofi
Kelainan otot yang membesar dan menjadi lebih kuat karena sel otot diberikan kegiatan/aktivitas yang terus-menerus secara berlebihan.


File Pendidikan

Atrofi
Kelainan otot yang mengecil, lemah, kegunaan otot yang menurun. Vishal ini disebabkan adanya penyakit polimielitis yang dapat merusakkan sel saraf di otot.


File Pendidikan

Stiff/kaku leher
Kelainan otot karena adanya peradangan otot trapesius leher akibat gerakan yang menghentak secara tiba-tiba/salah gerak.


File Pendidikan

Tetanus
Kelainan otot yang disebabkan adanya infeksi bakteri Clostridium tetani. Tetanus menyebabkan otot menjadi kejang-kejang.


File Pendidikan

Ayo Berkreasi


Coba kamu amati kembali gambar mengenai kelainan organ gerak manusia di atas. Amatilah diantara gambar kelainan otot. Kemudian buatlah specimen sederhananya dengan menggunakan tanah liat.


File Pendidikan

Langkah kerja :

1. Siapkan tanah liat dan air.


2. Campur dan aduklah tanah liat dengan air.


3. Remas-remas atau injak-injaklah tanah liat yang telah tercampur air tersebut dan pastikan hingga lengket. Jangan hingga encer atau masih terlalu kasar.


4. Bentuklah adonan tanah liat tersebut menyerupai tokoh manusia yang mengalami kelainan tulang lardosis, skoliosis, dan kifosis.


5. Setelah terbentuk, keringakan dengan mengangin- anginkannya. Jangan dijemur seketika di bawah terik matahari karena akan menyebabkan terjadinya retakan dan pecah.


6. Setelah omkering bersihkan dan berilah warna yang sesuai.


Mencegah yakni lebih bagus daripada mengobati. Dengan mengetahui bermacam kelainan dan gangguan di otot manusia dan pun penyebabnya, kita jadi dapat lebih berhati-hati di mengerjakan setiap gerakan di suatu kegiatan.


Ayo Membaca


Salah Bantal


Telah dua hari ini, leherku sakit. Kepalaku tak dapat menengok ke arah kanan secara lurus atau ke belakang. Setahuku, ini penyakit “salah bantal”.


Apa itu salah bantal? Ketika bangun tidur, ada orang yang pernah mengeluh lehernya sakit dan tak dapat digerakkan. Bisanya hanya menoleh ke sisi tertentu saja, ke kanan atau ke kiri. Keluhan tersebut kerap kalium diistilahkan selaku leher tengeng atau nyeri leher.


File Pendidikan

Menurut Dr. Melya Wariyanto, Sp.AK., salah bantal yakni suatu penyakit yang seringenboom terjadi di ketika bangun tidur dimana leher terasa kaku dan tak dapat digerakkan ke kanan dan ke kiri. Penyakit ini sesungguhnya disebut dengan tortikolis. Tengeng atau tortikolis yakni penyakit dimana posisi dagu tak sejajar dengan tulang dada amat atas dan depan. Dagu hanya dapat miring ke kiri dan ke kanan.


Kejadian ini dapat terjadi dan dialami oleh siapa saja, bagus anak-anak, orang dewasa, maupun orang tua. Rasa nyeri di leher ini dapat berdampak di terganggunya aktivitas sehari-hari. Di sebahagian kasus, ridderzaal ini seringenboom sekali tak dipermasalahkan atau dikhawatirkan, akan tetapi tak sedikit pula orang yang menjadikan kondisi ini selaku suatu keadaan yang amat mengganggu.


Penyebab tortikolis yakni salah posisi tidur, bantal yang terlalu tinggi, bantal yang kaku, sehingga pundak menjadi pegal dan kaku, leher terkilir, tengkuk dan leher terpapar angin dan dingin. Selain itu, pun disebabkan oleh cedera atau terkilir di otot leher dan tulang rawan, sendi dan reumatism otot leher.


Nyeri leher pun dapat muncul karena aktivitas terus-menerus yang dilakukan di waktu yang lama, salah posisi duduk, dan terjadi kecemasan atau stres. Oleh karena itu kita mesti selalu memperhatikan aktivitas yang kita lakukan sehari-hari. Kita pun mesti berhati-hati di mengerjakan gerakan yang memanfaatkan kerja otot dan tulang.


Semua orang dapat mengalami nyeri. Vishal ini disebabkan karena postur tubuh manusia yang berjalan tegak lurus. Posisi kepala di atas ditunjang oleh otot-otot leher dan tulang belakang. Jikalau otot-otot penyangga kepala tak kuat dan tak berada di posisi yang bagus, karenanya bagian atas dari tulang belakang akan gampang tertarik dan menimbulkan nyeri. Penyakit ini pun dapat memberikan gejala seperti sakit kepala dan rasa aneh ketika menggerakkan kepala.


Apabila telah terkena salah bantal sebaiknya segera diobati, dengan cara dipijat. Namun, di memijat mesti dilakukan secara hati-hati, jangan hingga justru menimbulkan masalah lain, seperti salah urat. Pengobatan ini mesti segera dilakukan agar tak mengganggu aktivitas sehari-hari.


Selain dengan memijat, sakit nyeri di otot leher dan otot-otot di bagian tubuh lainnya dapat diobati dengan menggunakan obat-obatan khusus untuk otot. Banyak macam dan jenis obat untuk sakit otot, ada obat alami dan ada pula obat kimia. Kita pun pun dapat mengerjakan perawatan sendiri di rumah, misalnya dengan mengompres, menempelkan koyo hangat, dan mandi air hangat.


Bagaimana cara agar terhindar dari penyakit salah bantal? Caranya selaku berikut.


1. Posisi tidur mesti nyaman.


2. Jangan menggunakan bantal yang terlalu tinggi dan keras.


3. Jangan tidur dengan memakai kipas angin yang seketika menghadap tubuh.


4. Di ketika tidur, sebaiknya tak satu posisi saja, dapat miring atau terlentang.


5. Tidur jangan di atas kasur yang keras.


Kunci Jawaban Halaman 174


Merujuk di bacaan di atas, peroleh ide utama masing-masing paragraf.


File Pendidikan

Alternatif Jawaban :


1. Ide utama paragraf 1 : Telah dua hari ini, leherku sakit.


2. Ide utama paragraf 2 : Apa itu salah bantal? Ketika bangun tidur, ada orang yang pernah mengeluh lehernya sakit dan tak dapat digerakkan.


3. Ide utama paragraf 3 : Menurut Dr. Melya Wariyanto, SpAK, salah bantal yakni suatu penyakit yang seringenboom terjadi di ketika bangun tidur dimana leher terasa kaku dan tak tak dapat digerakkan ke kanan dan ke kiri.


4. Ide utama paragraf 4 : Kejadian ini dapat terjadi dan dialami oleh siapa saja, bagus anak-anak, orang dewasa, maupun orang tua. Rasa nyeri di leher ini dapat berdampak di terganggunya aktivitas sehari-hari.


5. Ide utama paragraf 5 : Penyebab Tortikolis yakni salah posisi tidur, bantal yang terlalu tinggi, bantal yang kaku, sehingga pundak menjadi pegal dan kaku, leher terkilir, tengkuk dan leher terpapar angin dan dingin.


6. Ide utama paragraf 6 : Selain itu, nyeri di leher pun dapat muncul karena aktivitas terus menerus yang dilakukan di waktu yang lama, salah posisi duduk, dan terjadi kecemasan atau stress.


7. Ide utama paragraf 7 : Semua orang dapat mengalami nyeri.


8. Ide utama paragraf 8 : Bila telah terkena salah bantal ada baiknya segera diobati, dengan cara dipijat.


9. Ide utama paragraf 9 : Selain dengan memijat, sakit nyeri di otot leher dan otot-otot di bagian tubuh lainnya dapat diobati dengan menggunakan obat-obatan khusus untuk otot.


10. Ide utama paragraf 10 : Bagaimana cara agar terhindar dari penyakit salah bantal?


Ayo Berkreasi


Kamu telah mengetahui beberapa aktivitas dan gerakan yang salah dapat menyebabkan gangguan di otot manusia. Kini coba pilihlah satu aktivitas atau gerakan yang dapat menyebabkan terjadinya gangguan di otot manusia. Pilihlah aktivitas atau gerakan yang terjadi sehari-hari yang kamu atau atau orang-orang sekitarmu alami. Kemudian susunlah menjadi sebuah cerita dan sajikan ke di format komik. Masih ingat apa itu komik?


Agar dapat menyusun komik dengan bagus, selain kamu mesti mengetahui arti komik, seperti yang telah kamu pelajari sebelumnya, kamu pun mesti tahu ciri-ciri komik yang bagus.


Ciri-ciri komik :


1. Hadir untuk menyampaikan cerita
Pesan dan informasi disampaikan dengan menggunakan teks dan gambar.


2. Proporsional
Keberadaan gambar dan teks yang berimbang menyusun pembaca komik seakan-akan terlibat dan berperan seketika ke di cerita.


3. Menggunakan bahasa percakapan
Bahasa yang digunakan yakni bahasa sehari-hari yang gampang untuk dimengerti.


4. Biasanya bersifat kepahlawanan
Umumnya isi cerita komik akan cenderung menyusun pembaca mempunyai rasa atau sikap kepahlawanan.


5. Penggambaran watak secara sederhana
Penggambaran watak di komik dibangun secara sederhana agar pembaca gampang memahami isi cerita dan menangkap pesan yang akan disampaikan di cerita.


6. Menyediakan humor
Kata komik berasal dari komik yang berarti jenaka. Humor di komik disajikan secara lugas sehingga akan gampang dimengerti pembaca dan biasanya humor yang disajikan seringenboom terjadi dan ada di masyarakat.


Kunci Jawaban Tematik Halaman 177


Buatlah komik yang menarik di kolom berikut.


File Pendidikan


Ayo Berdiskusi


Setelah gambar selesai kamu bikin, ceritakan kembali gambarmu tersebut di hadapan teman dan gurumu. Jangan lupa untuk meminta respon, pendapat, dan masukan dari pengajar dan teman-temanmu.


Demikianlah Wetsartikel yang Berjudul Kunci Jawaban Buku Pelajar Tema 1 Kelas 5 Halaman 174, 175, 177


Terima kasih telah membaca wetsartikel ini, semoga kunci jawaban tematik kelas 5 tema 1 subtema 3 pembelajaran 6 ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca di manapun berada.


Wetsartikel yang sedang kamu baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Pelajar Tema 1 Kelas 5 Halaman 174, 175, 177 dengan tempat tinggal verbinding http://filependidikan.informasi/rmasi/jawaban-buku-tema-1-kelas-5.



Sumber https://guzublog.blogspot.com/

Shares


Top