PAKET SOAL LATIHAN DAN PEMBAHASAN UJIAN BAHASA INDONESIA KELAS VI (6) SD - Blog Pendidikan

PAKET SOAL LATIHAN DAN PEMBAHASAN UJIAN BAHASA INDONESIA KELAS VI (6) SD

PAKET SOAL LATIHAN DAN PEMBAHASAN UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL (USBN) BAHASA INDONESIA KELAS VI (6) SD – Apabila ada yang sedang mencari soal latihan ujian untuk kelas VI / 6 Sekolah Basic khususnya mata pembelajaran Bahasa Indonesia kami sharekan komplit dengan pembahasannya.











File Pendidikan
PAKET SOAL LATIHAN DAN PEMBAHASAN UJIAN BAHASA INDONESIA KELAS VI (6) SD

A.    Berilah tanda silang (X) di alternatif jawaban A, B, C, atau D yang amat tepat!
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 1−3!

Bunglon, Binatang yang Dapat Berubah Warna
 


Bunglon ialah diantara binatang yang unik. Binatang ini biasanya tinggal di pepohonan. Ia unik karena dapat mengubah warna kulitnya. Kemampuan ini disebut dengan mimikri. Bunglon dapat mengubah warna kulitnya sesuai dengan kondisi di sekitarnya. Kemampuan ini digunakan untuk melindungi diri dari musuh atau pemangsa.

 


Bunglon mempunyai kulit yang berlapis-lapis. Di lapisan teratas, terdapat pigmen warna yang dapat melebar dan mengecil. Ketika pigmen melebar, cahaya matahari akan dipantulkan sehingga bunglon pun berubah warna. Jikalau pigmen mengerut, bunglon akan menjadi kehitaman.


Lihat :


Download Soal Latihan UAS Kelas 6 SD



Terkadang, bunglon mengubah warnanya tak sesuai dengan lingkungan sekitar. Ontvangstruimte ini karena bunglon pun terkadang mengubah warnanya sesuai kehendak hatinya. Dikala marah, kecewa, atau perasaan negatif lainnya, bunglon akan mengubah warnanya menjadi lebih gelap. Sedangkan dikala gembira atau positif, bunglon akan mengubah warnanya menjadi terang seperti kuning dan oranye.


LEVEL KOGNITIF: PENGETAHUAN DAN PEMAHAMAN

Indikator: Peserta didik dapat menggali informasi tersurat teks.

1.    Bagaimana cara bunglon mengubah warna kulitnya?
 
A.    Dengan menyesuaikan warna di tempatnya berada.
B.    Dengan melebar atau mengecilkan pigmen di kulitnya.
C.    Dengan cara yang disebut mimikri.
D.    Dengan memantulkan sinar matahari.

LEVEL KOGNITIF: PENALARAN

Indikator: Peserta didik dapat memprediksi kejadian menurut isi teks.

2.    Apa warna yang kira-kira akan dikeluarkan bunglon ketika ia kalah dari perkelahian?

A.    Oranye
B.    Merah
C.    Kuning
D.    Hitam

Indikator: Peserta didik dapat melengkapi tabel dengan pokok-pokok pikiran menurut isi teks.

3.    Berikut ini ialah tabel perubahan warna bunglon.
1.    Melindungi diri    Sesuai lingkungan
2.    Perasaan negatif    (a) ….
3.    Perasaan positif    (b) ….

Isian yang tepat untuk melengkapi tabel tersebut ialah ….

A.    (a) warna gelap; (b) warna terang
B.    (a) warna terang; (b) warna gelap
C.    (a) warna hitam; (b) warna kuning
D.    (a) warna hijau; (b) warna cokelat
Indikator: Peserta didik dapat menentukan sinonim.


Kami persilahkan :


UNDUH SOAL LATIHAN DAN KUNCI JAWABAN  US MATEMATIKA KELAS 6 SD / MI


4.    Di hari Minggu diadakan kerja bakti. Pelajar kelas VI dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama-tama membersihkan kelas, sedangkan kelompok kedua membersihkan halaman.


Persamaan kata bergaris bawah di kalimat tersebut ialah ….
A.    kumpulan
B.    regu
C.    gugus
D.    tim


LEVEL KOGNITIF: PENALARAN


Indikator: Peserta didik dapat membandingkan isi teks.


5.    Perhatikan dua teks berikut!


Teks 1


Endah selalu saja memaki Hera. Padahal Hera tak pernah berbuat buruk di Endah. Entah kenapa Endah demikian itu membenci Hera. Hera selalu tabah sekiranya Endah tiba-tiba menjahili atau mengejeknya. Suatu hari, Endah terjatuh ketika pulang sekolah. Hera yang melihat kejadian itu seketika menolongnya.


Teks 2


Sofy ialah anak yang betul-betul bagus di kelas. Ia selalu menolong orang lain, terutama yang sedang membutuhkan. Ia tak pernah membeda-bedakan. Ia berteman dengan siapa saja. Walaupun bukan anak yang amat pandai di kelas, Sofy betul-betul disukai oleh teman-temannya. Pun, guru-guru pun menyukainya.


Persamaan isi kedua teks tersebut ialah ….


A.    menolong orang walaupun ia suka mengejek
B.    disukai banyak orang karena suka menolong
C.    berteman dengan siapa saja tanpa membeda-bedakan
D.    menolong siapa saja yang sedang membutuhkan


LEVEL KOGNITIF: APLIKASI


Indikator: Peserta didik dapat menentukan pernyataan sesuai isi teks.


6.    Bacalah paragraf berikut!


Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta mengadakan sosialisasi ke sekolah. Beliau mengatakan, sekolah mesti mengedukasi siswanya agar tak jajan sembarangan dan membangun kantin sehat di sekolah.


Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut yang tepat ialah ….


A.    Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta seharusnya menjalankan tindakan yang tegas di yang melanggar.
B.    Pelajar yang jajan sembarangan seharusnya memperoleh hukuman dari sekolah.
C.    Program kebijakan Kepala Dinas
D.    Penyusunan kantin sehat di sekolah sesungguhnya betul-betul merepotkan.


LEVEL KOGNITIF: PENGETAHUAN DAN PEMAHAMAN


Indikator: Peserta didik dapat menentukan makna kata.


Unduh :


Soal dan Kunci Jawaban UAS Bahasa Indonesia SD Kelas 6 Semester 1


7.    Cermati paragraf berikut!


Besok pagi ada pembelajaran menggambar. Bu Intan memberikan instruksi untuk membawa buku gambar berukuran A3, pensil HB, dan pewarna.


Makna kata bergaris bawah di paragraf tersebut ialah ….


A.    pedoman
B.    pembelajaran
C.    pedoman
D.    peraturan


LEVEL KOGNITIF: APLIKASI


Indikator: Peserta didik dapat menentukan pernyataan sesuai isi teks.


8.    Perhatikan teks berikut!


M engolah kerang memerluk an beberapa langkah. Setelah butir mutiara diambil dari di kerang, daging yang melekat di bagian di cangkang dibuang, kemudian kerang dicuci, dan dikeringkan. Perajin pun ikut membangun pola prototype hiasan yang diinginkan. Pola ini berfungsi selaku cetakan untuk menggambar sketsa di cangkang kerang.


Pernyataan yang sesuai dengan teks di atas ialah ….


A.    Mengolah kerang hanya membutuhkan dua langkah saja.
B.    Daging di cangkang tak perlu dibuang untuk menghasilkan kerajinan.
C.    Pembeli dapat ikut menentukan pola prototype hiasan yang diinginkan.
D.    Untuk menggambar sketsa di cangkang diperlukan pola selaku cetakan.


Silahkan Unduh di bawah ini.




Demikianlah informasi mengenai soal USBN Bahasa Indonesia dan Pembahasan Kelas 6 Sekolah Basic.
Semoga bermanfaat.



Sumber https://guzublog.blogspot.com/

Shares


Top